News

Badak LNG Gelar Apel Pembukaan Latihan ISPS Code 2018

Senin 14 Mei 2018, Badak LNG menggelar latihan International Ship & Port Facility Security atau ISPS Code. Kegiatan ini diawali dengan apel pembukaan. Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Director & COO Badak LNG Gitut Yuliaskar.

Apel pembukaan latihan ISPS Code ini turut dihadiri oleh jajaran manajemen Badak LNG, Wakil Walikota Bontang Basri Rase serta jajaran SKPD Kota Bontang. Sementara itu, peserta apel merupakan perwakilan dari Unit Satuan Tugas Security Badak LNG, tim Fire Rescue Badak LNG, tim medical dari Rumah Sakit LNG Badak, Polres Kota Bontang, Pos TNI AL, Kodim 08/09 Bontang serta tamu undangan lainnya.

Latihan ISPS Code rutin dilaksanakan satu kali dalam setahun sesuai dengan Ketentuan Internasional Pelabuhan yang telah mendapatkan Statement Of Compliance Of a Port Facility dari pemerintah. Seperti Terminal Untuk Kepentingan Sendiri atau TUKS LNG dan LPG Bontang PT Pertamina Persero ini. Terlebih sejak tahun 2004 TUKS LNG dan LPG Bontang PT Pertamina Persero juga telah memenuhi ISPS Code.

Selanjutnya latihan ISPS Code resmi dimulai dengan penyematan rompi keselamatan secara simbolis oleh Director & COO Badak LNG Gitut Yuliaskar kepada perwakilan tim yang terlibat serta dengan pembunyian sirine.

Dalam latihan ISPS Code kali ini diceritakan ada tiga buah kapal orang tak dikenal atau OTK yang menyusup ke Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) LNG dan LPG Bontang PT Pertamina Persero. Situasi tak terkendali hingga stasus level keamanaan dinaikkan dari level satu hingga ke level tiga. Semua pihak sigap bertindak hingga akhirnya keadaan kembali aman terkendali.

Tujuan dilakukannya latihan ISPS Code ini adalah untuk memenuhi kewajiban guna mempertahankan TUKS Bontang PT Pertamina Persero yang telah mendapatkan Statement Of Compliance Of a Port Facility, serta untuk memastikan bahwa personil fasilitas pelabuhan terampil dalam semua tugas keamanan pada setiap tingkat keamanan (*).

Show More

Related Articles

Back to top button