News

Badak LNG Raih Proper Emas 7 Kali Berturut-Turut

Di penghujung tahun 2017, Badak LNG berhasil menorehkan pencapaian gemilang dengan kembali meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Anugerah Proper tahun 2017 ini merupakan hasil seleksi periode 2016-2017, diikuti 1.819 perusahaan yang telah melalui penilaian mandiri dan verifikasi lapangan.

Dalam sambutannya Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan apresiasi atas prestasi yang dicapai oleh perusahaan-perusahaan penerima anugerah proper. Ada tiga hal yang menjadi perhatian publik yaitu, demokrasi, HAM dan lingkungan hidup. Lingkungan hidup menjadi perhatian dunia saat ini. baik dari sisi alamnya maupun dari industrinya.

Predikat Proper Emas tahun 2017 diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Director & COO Badak LNG Yhenda Permana di Gedung II Istana Wakil Presiden Jakarta pada Senin 18 Desember 2017.

Apresiasi tertinggi dalam penilaian kinerja lingkungan hidup ini diberikan kepada Badak LNG berkat komitmennya terhadap pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat sekitar. Pemberdayaan masyarakat berbasis lingkungan diwujudkan dengan berbagai Program Community Development yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat pesisir yang berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan potensi wilayah kota Bontang yang 70%-nya merupakan kawasan perairan serta upaya Pemerintah Kota Bontang dalam mewujudkan visi Kota Bontang sebagai kota maritim berkebudayaan industri.

Adapun program Comdev tersebut diantaranya ialah Bontang Kuala Ecotourism, sebuah konsep pariwisata berbasis konservasi alam, pendidikan lingkungan, dan sosial budaya. Program ini diresmikan pada 17 Juli 2016 dan menggandeng masyarakat lokal Bontang Kuala yang tergabung dalam kelompok masyarakat kreatif pesisir sebagai pengelola ekowisata. Sedangkan inovasi program baru Comdev pada tahun ini ialah floating resto atau restoran terapung, yang merupakan pengembangan dari mitra binaan kelompok Kerapu Macan.

Melalui program Community Development, Badak LNG juga menjalankan program Kampung Asimilasi Bontang Lestari yang ditujukan bagi warga binaan Lapas kelas tiga bontang.  Warga Lapas dibina untuk dapat melakukan usaha budidaya buah naga,  budidaya ayam organik dan pemanfaatan drum bekas untuk kerajinan furniture. Program ini bertujuan untuk membantu Lapas Bontang dalam mempersiapkan warga binaan yang produktif,  handal,  dan siap berkarya di masyarakat.

Sementara itu sebagai salah satu bentuk kepedulian Badak LNG terhadap pendidikan di kota Bontang, sekaligus mendukung visi pemerintah kota Bontang untuk menjadikan Bontang sebagai Smart City,  Badak LNG telah mendirikan Knowledge House. Tempat ini adalah pusat informasi segala sesuatu terkait Badak LNG, yang berfungsi sebagai wahana berbagi pengetahuan tentang sejarah perusahaan,  proses pembuatan LNG dan LPG, program CSR, serta keahlian lain yang dikuasi Badak LNG dan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Penghargaan Proper Emas tahun 2017 merupakan apresiasi tertinggi terhadap dedikasi Badak LNG dalam mempertahankan kinerja lingkungan dan memberdayakan masyarakat khususnya di sekitar daerah operasional melalui program Community Development. Bagi Badak LNG, Proper Emas tahun ini merupakan proper emas ketujuh yang mampu dipertahankan Badak LNG secara berturut-turut sejak tahun 2011.

Director & COO Badak LNG Yhenda Permana mengungkapkan keberhasilan Badak LNG dalam meraih penghargaan Proper  Emas tak terlepas dari peran seluruh pekerja dan mitra kerja Badak LNG. Prestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk terus dapat mengoperasikan kilang Badak LNG dengan baik.[]

 

Show More

Related Articles

Back to top button