News

Jalani Audit Resertifikasi SMK3, Badak LNG Pertahankan Tingkat Pencapaian Penerapan Memuaskan

Dimulai sejak tanggal 23 hingga 27 Juli 2018, Badak LNG telah sukses menjalani audit resertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau SMK3. Tujuan utama dari audit tersebut ialah untuk mempertahankan sertifikasi yang telah diraih pada tahun 2015 lalu dengan tingkat pencapaian penerapan memuaskan.

Audit resertifikasi telah dilakukan dengan melibatkan unsur manajemen, tenaga kerja, serta kondisi dan lingkungan kerja, yang terintegrasi dalam rangka mencegah dan mengurangi kecelakaan dan penyakit akibat kerja, serta terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.

Penutupan rangkaian kegiatan Audit Resertifikasi SMK3 Badak LNG.

Setelah lima hari menjalani proses penilaian Audit Resertifikasi SMK3 pada Jumat (27/7/2018), Tim Auditor memaparkan hasil audit dihadapan Director & COO Badak LNG Gitut Yuliaskar dan jajaran manajemen di Conference Room Kantor Utama Badak LNG.

Tim Audit dari PT Biro Klasifikasi Indonesia melakukan Audit Resertifikasi SMK3 terhadap elemen-elemen dan kriteria-kriteria Audit SMK3 yang ada, sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 50 tahun 2012. Dalam acara penutupan ini Senior Manager SHE&Q Department Muhaimin menyampaikan bahwa audit eksternal dilaksanakan untuk dapat melihat efektivitas penerapan SMK3 di Badak LNG. Dari hasil Audit SMK3 akan diperoleh gambaran yang jelas dan lengkap tentang status mutu pelaksanaan atau implementasi yang selanjutnya dapat digunakan untuk perbaikan yang bekelanjutan.

Salah satu auditor dari PT Biro Klasifikasi Indonesia – Basori menjelaskan hasil dari audit yang telah dilakukan dimana Badak LNG telah menerapkan SMK3 sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 50 tahun 2012 dengan jumlah kriteria 166. Tingkat pencapaian penerapan sesuai sebanyak 145 kriteria dengan persentase    87 % . Dengan hasil tersebut, Badak LNG berhasil mempertahankan sertifikasi dengan tingkat pencapaian penerapan memuaskan.

Penyerahan cinderamata oleh Director & COO Badak LNG Gitut Yuliaskar kepada Tim Auditor PT Biro Klasifikasi Indonesia.

Sementara itu dalam sambutannya pada saat acara penutupan Audit SMK3, Director & COO Badak LNG Gitut Yuliaskar menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim auditor dan seluruh pihak yang telah bekerja keras sehingga diperoleh hasil yang memuaskan. Masukan dari tim auditor diharapkan dapat segera ditindaklanjuti agar Badak LNG dapat terus melakukan perbaikan yang berkesinambungan (*).

 

Show More

Related Articles

Back to top button