NewsUMKM

Kelompok Saputra Snack dipilih Menjadi Lokasi PKL

Kelompok Saputra Snack semakin dikenal masyarakat, tak terkecuali kalangan akademisi, sebagai Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM di Kota Bontang yang sukses mengolah hasil laut. Salah satu mitra binaan Comdev Badak LNG yang berhasil meraih juara 1 tingkat nasional, kategori fishery, pada ajang Citi Microentrepreneurship Awards periode 2017/2018 ini, mulai dilirik oleh kalangan akademisi sebagai lokasi pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan atau PKL.

Diantaranya seorang mahasiswi dari Universitas Brawijaya Malang dan dua mahasiswi dari Universitas Mulawarman yang memilih untuk menjalani PKL di Kelompok Saputra Snack. Selama sebulan, mulai tanggal 2 Juli hingga 2 Agustus 2018, tiga mahasiswi ini akan belajar mengenai kesuksesan Kelompok Saputra Snack sebagai UMKM di Kota Bontang. Dibimbing langsung oleh Ketua Kelompok Saputra Snack Nienik Rakhmawati, para peserta PKL dapat melihat langsung aktivitas keseharian Kelompok Saputra Snack dalam memproduksi aneka olahan makanan ringan dari hasil laut.

Para peserta PKL saat menerima arahan dari Ketua Kelompok Saputra Snack, Nienik Rakhmawati.

Ditemui saat proses PKL berlangsung, mahasiswi dari Universitas Brawijaya Malang Afifathunisa mengaku memilih Kelompok Saputra Snack karena kelompok tersebut telah sukses memproduksi olahan hasil laut khas Kota Bontang, seperti keripik ikan bawis.

Sementara itu, Uswatun Khasanah dan Pricilla Agnesia Dora mahasiswi jurusan Teknologi Hasil Perikanan Universitas Mulawarman mengaku tertarik menjalani PKL di Kelompok Saputra Snack karena inovasinya. Salah satunya es krim kepiting yang menggunakan bahan baku daging kepiting.

Peserta dilibatkan saat proses produksi olahan hasil laut.

Selama PKL, para mahasiswi diajak untuk terlibat langsung dalam proses produksi. Mulai dari persiapan bahan, pembuatan bumbu, penggorengan, hingga pengemasan produk (*).

Show More

Related Articles

Back to top button