News

Pelatihan Pengepresan Kardus KSM Satimpo Berhias

Selama satu hari pada tanggal (30/12/2018), Badak LNG melalui program Community Development menyelenggarakan Pelatihan Optimalisasi Penggunaan dan Perawatan Mesin Pengepresan Kardus kepada anggota Kelompok Swadaya Masyarakat atau KSM Satimpo Berhias yang bergerak dibidang Pengolahan Sampah Plastik dan Sampah Kompos. KSM Satimpo Berhias merupakan salah satu mitra binaan Badak LNG yang menjalankan program Pengompos Berhias yang merupakan singkatan dari pengolahan kompos untuk Satimpo bersih, hijau, dan asri.

Kegiatan pelatihan ini turut dihadiri oleh Manager, Media, CSR, External Relations Corporate Communication Department Badak LNG Bambang Eko Wibisono dan Lurah Satimpo Sofyansyah.

Untuk mendukung kelancaran program pengompos berhias, kali ini Badak LNG bekerja sama dengan Changdong Indonesia melakukan pengadaan mesin pengepresan kardus serta teknisi pelatihan. Dalam pelatihan yang berlangsung di Rumah Kompos Satimpo Berhias Jalan Kamboja RT 24 Kelurahan Satimpo ini para anggota kelompok diberikan pengetahuan tentang cara atau tahapan dalam melakukan pengepresan kardus, serta tentang perawatan mesin.

Ditemui disela-sela pelatihan, Lurah Satimpo Sofyansyah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Badak LNG yang sudah berkontribusi memberdayakan masyarakat lingkungan sekitar, khususnya di wilayah Kelurahan Satimpo. Dengan diberikannya pelatihan optimalisasi penggunaan dan perawatan mesin pengepresan kardus nantinya diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian warga.

Pelatihan ini merupakan bentuk komitmen Badak LNG terhadap lingkungan di sekitar wilayah operasi melalui pengelolaan sampah non B3 berbasis masyarakat. Manager, Media, CSR, External Relations Corporate Communication Department Badak LNG Bambang Eko Wibisono berharap pelatihan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para anggota kelompok KSM Satimpo Berhias sehingga dapat mendukung kelancaran usaha sekaligus meningkatkan perekonomian.

Pelatihan ini dilatarbelakangi karena kurang efisiennya penyimpanan kardus yang selama ini dilakukan oleh KSM Satimpo Berhias. Oleh karena itu selain membantu pengadaan mesin, Badak LNG juga memberikan pelatihan optimalisasi penggunaan dan perawatan mesin pengepresan kardus. Dengan dipres terlebih dahulu maka kardus akan lebih efisien dalam penyimpanan atau tidak terlalu memakan tempat. Teknisi pelatihan dari Chandong Indonesia Muflihun menjelaskan dalam pelatihan ini anggota KSM Satimpo Berhias diajarkan cara pengepresan dan perawatan mesin (*).

Show More

Related Articles

Back to top button