Local HeroNews

Amira, Berdayakan Kaum Perempuan Melalui Sirup Mangrove

Awalnya tak ada yang menyangka bahwa buah mangrove ternyata dapat disulap menjadi aneka produk olahan yang dapat dikonsumsi, salah satunya ialah sirup mangrove. Jenis buah mangrove yang dapat diolah menjadi sirup adalah Sonneratia ovata. Jenisnya berbentuk mirip buah manggis, berwarna hijau, dan memiliki aroma khas yang wangi.

Mitra binaan Badak LNG yang sukses menekuni usaha produksi sirup mangrove ialah Kelompok Daun Harum yang diketuai oleh Amira. Wanita kelahiran Sulawesi Selatan ini berhasil membuktikan bahwa perjuangan tak akan mengkhianati hasil. Diawali dari kepeduliannya yang tinggi terhadap pelestarian lingkungan pesisir bersama sang suami yang pada tahun 2011 menjadi Ketua Forum Kota Sehat, Amira membentuk Kelompok Daun Harum. Dengan semangat yang tinggi, Amira mengajak para kaum perempuan untuk terjun langsung melestarikan tanaman mangrove.

Ketua Kelompok Daun Harum, Amira.

Gayung pun bersambut, di tahun 2011 pula Badak LNG resmi menggandeng Kelompok Daun Harum untuk menjadi mitra binaan. Pendampingan dan berbagai pelatihan diberikan Badak LNG, termasuk pelatihan pengolahan produk diversifikasi buah mangrove. Bahkan pada saat itu, Badak LNG mengadakan lomba membuat sirup mangrove. Dari 12 kelompok yang mengikuti lomba, Kelompok Daun Harum keluar sebagai juara pertama. Sejak saat itu, Amira bertekad untuk terus menekuni usaha produksi sirup mangrove yang siap dikonsumsi.

Proses pengupasan buah mangrove jenis Sonneratia ovata.

Yang membanggakan, Kelompok Daun Harum telah memiliki dua kelompok binaan sendiri untuk dapat semakin memberdayakan para kaum perempuan. Dari usaha memproduksi olahan buah mangrove, para ibu rumah tangga sejumlah 16 orang yang tergabung di dalamnya mengaku mendapatkan penghasilan tambahan untuk keperluan sehari-hari.

Proses pelabelan kemasan sirup mangrove.

Buah mangrove mampu diolah secara higienis oleh Kelompok Daun Harum. Tahapan produksi, mulai dari pengupasan buah, pemberian gula dan pemasakan, penyaringan, hingga pengemasan, dilakukan secara manual. Sirup yang memiliki citarasa unik, mirip rasa buah asam ini semakin diminati banyak konsumen. Bahkan telah diklaim menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Kota Bontang. Satu kemasan dipatok mulai harga 20 Ribu hingga 35 Ribu Rupiah tergantung ukuran. Sirup mangrove pun dapat mudah ditemui di gerai oleh-oleh yang ada di Kota Bontang (*).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close