News

PHSS Laksanakan Inaugurasi Lifting Kargo LNG Gross Split Pertama

Minggu (11/11/2018) dilakukan Pengapalan Perdana untuk Kargo PT Pertamina Hulu Sanga Sanga atau PHSS. Acara bertajuk Inaugurasi Lifting Kargo LNG Gross Split Pertama di Indonesia wilayah kerja Sanga Sanga ini digelar di Loading Dock 2 Badak LNG.

Pengapalan LNG Perdana untuk Kargo PHSS ini menggunakan kapal Neo Energy yang berkapasitas 150.00 m3 dengan pembeli Engie untuk dikirimkan ke receiving terminal di China.

Pelepasan kapal Neo Energy ini kemudian ditandai dengan penekanan tombol sirine secara bersama-sama oleh VP Strategic Planning & Comercial PT Pertamina Hulu Indonesia – Danar Dojoadhi, Direktur Pertamina Hulu Sanga Sanga – Andi Wisnu, Manager LNG Commercial PT Pertamina (Persero) Heri Hariyanto, Director & COO Badak LNG Gitut Yuliaskar, serta perwakilan dari Ditjen Migas.

LNG yang dikapalkan ini merupakan Kargo LNG pertama semenjak diterapkannya pengelolaan wilayah kerja migas dengan skema Gross Split di Indonesia.

PHSS merupakan anak usaha dari PT Pertamina Hulu Indonesia selaku anak perusahaan dari PT Pertamina Persero yang ditunjuk sebagai pengelola sekaligus operator di wilayah kerja Sanga Sanga. Gas dari lapangan PHSS tersebut mulai dikirim ke kilang Badak LNG sejak Agustus 2018 yang merupakan kelanjutan produksi dari lapangan yang sebelumnya dikelola oleh VICO Indonesia.

Wilayah kerja Sanga Sanga dialihkelolakan kepada PHSS dengan konsep Gross Split dalam pengelolaannya. Hal tersebut berdasarkan kontrak bagi hasil antara PHSS dengan SKK Migas yang disetujui oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Sistem Era Gross Split sebagai sistem tata kelola baru di dunia industri minyak dan gas bumi di Indonesia ini diharapkan dapat terus berjalan dengan sukses (*).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close