Local Hero

Thamrin, Local Hero yang Mengubah Sampah Jadi Pendapatan

Adalah Thamrin, sosok local hero dibalik suksesnya Program Pencacahan Plastik yang merupakan salah satu program unggulan Community Development (Comdev) Badak LNG. Sebagai ketua kelompok Usaha Bontang Lestari Peduli, Thamrin mengaku tak mudah merintis usaha pencacahan plastik. Usaha tersebut bermula dari dibukanya Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) di Kelurahan Bontang Lestari.

Seiring dengan dibukanya TPA, banyak warga Kelurahan Bontang Lestari yang datang kepadanya untuk meminta bantuan dapat memulung sampah di lokasi tersebut. Bersama Lurah dan karang taruna Bontang Lestari, local hero ini berupaya mewujudkan keinginan para warga agar dapat mengais rejeki di Tempat Pemrosesan Akhir.  Akhirnya membuahkan hasil, warga pun diijinkan untuk memulung sampah disekitar Kelurahan Bontang Lestari.

Niat baik dan usaha Thamrin mendapat dukungan dari Badak LNG. Hingga akhirnya pada tahun 2012, kelompok Usaha Bontang Lestari Peduli resmi menjadi mitra binaan Comdev Badak LNG.

Untuk mendukung usaha pencacahan plastik, Badak LNG telah memberikan bantuan berupa modal usaha, mesin pencacah plastik, pembangunan workshop, hingga beragam pelatihan.

Program pemberdayaan masyarakat yang dikelola oleh kelompok Usaha Bontang Lestari Peduli kini mampu mengirim hasil cacahan plastiknya hingga 30 ton partikel plastik dalam sebulan. Tak hanya memberikan dampak positif bagi lingkungan, usaha pencacahan plastik juga telah memberdayakan para warga. Sebanyak 60 anggota Kelompok Bontang Lestari Peduli juga telah mengalami peningkatan dari sisi ekonominya.

Program pencacahan plastik ini membuktikan bahwa sampah plastik yang selama ini terbuang ternyata masih memiliki nilai ekonomis. Dengan mengubahnya menjadi cacahan, sampah plastik dapat dijadikan komoditi perdagangan dan memiliki nilai jual yang tinggi. Thamrin berharap usaha ini dapat semakin berkembang sehingga dapat semakin banyak memberdayakan warga sekitar. []

Show More

Related Articles

Back to top button