News

Mitra Binaan Badak LNG Lakukan Praktek Menyablon

Melalui program Community Development, Badak LNG menyelenggarakan pelatihan kreativitas pembuatan souvenir dan sablon. Dilaksanakan selama lima hari pada tanggal 27 hingga 31 Agustus 2018, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dalam memproduksi souvenir dan kaos sebagai oleh-oleh Kota Bontang sehingga dapat pula mendukung promosi pariwisata Bontang.

Peserta pada kegiatan pelatihan ini ialah anggota Komunitas Pasar Malam Berbas Pantai, Mitra Binaan Kelompok Masyarakat Kreatif Pesisir, Wisata Dayak Bontang, dan Koperasi Cipta Busana.

Pengarahan dari Instruktur sablon.

Selama pelatihan peserta diberikan materi tentang pengenalan sablon manual dan digital printing, hingga teknik-teknik menyablon dan tahapan serta peralatan yang diperlukan dalam menyablon. Materi tersebut disampaikan oleh instruktur dari Nafizz Advertising Bontang. Selain pemaparan materi teori, peserta pun juga diajak untuk praktek langsung menyablon.

Salah seorang peserta tampak antusias lakukan praktek sablon.

Seperti dihari keempat pelatihan pada Kamis (30/08/2018), seluruh peserta pelatihan diajak untuk praktek langsung menyablon manual. Bertempat di Nafiss Advertising yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, satu persatu peserta pelatihan dibimbing untuk dapat menyablon manual pada kaos sebagai media sablon. Sebelumnya, peserta terlebih dahulu membuat design yang kemudian diolah menjadi film atau klise sablon. Tahapan selanjutnya ialah menuang tinta atau cat sablon di pinggir gambar di sisi atas kemudian menarik cat sablon mengarah bawah memakai rakel. Melalui praktek ini, para peserta pun dapat mengetahui tentang penggunaan teknik sapuan rakel yang benar hingga proses pengeringan sablon. Berbagai tahapan dalam penyablonan tersebut dipaparkan dengan jelas oleh Nafis Arusdi Alamsyah sebagai instruktur.

Para peserta merasakan manfaat adanya pelatihan sablon ini.

Seluruh peserta pun nampak antusias mengikuti tahapan praktek menyablon. Dengan desain yang telah dibuat, mereka mencoba untuk praktek menyablon diatas kaos. Pelatihan ini dirasakan manfaatnya oleh peserta. Peserta mengaku mendapatkan tambahan keterampilan yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai usaha dalam memproduksi souvenir sebagai oleh-oleh khas Kota Bontang (*).

Show More

Related Articles

Back to top button