Wisata

Badak LNG Peduli Mangrove

Keberadaan pohon mangrove memiliki arti yang penting bagi ekosistem kawasan pesisir. Namun kelestarian pohon mangrove semakin lama semakin terancam karena tergusur oleh bangunan-bangunan rumah yang dibangun oleh warga.

Kondisi inilah yang mendorong Badak LNG bersama dengan mitra binaan Kelompok Tani Mangrove Lestari Indah melakukan pembibitan dan penanaman mangrove. Sejak tahun 2009 program pembibitan mangrove jenis rhizopora dan sonneratia sudah dilakukan oleh Badak LNG.

Namun lambat laun ketika pohon-pohon itu telah mulai tumbuh dan menghasilkan buah, diketahui bahwa buah rhizopra dan sonneratia tidak termanfaatkan dengan baik. Hal itu yang mendorong Badak LNG pada akhirnya juga memberikan pendampingan kepada para anggota kelompok agar dapat memanfaatkan buah tersebut. Pelatihan pemanfaatan dan pengolahan buah mangrove ini diadakan oleh Badak LNG bekerjasama dengan LIPI.

Akhirnya, pada tahun 2014 kelompok ini semakin berkembang dan dapat memproduksi aneka produk berbahan dasar mangrove seperti sirup, kripik, amplang, dan dodol. Dari yang awalnya hanya ada satu kelompok, saat ini sudah berkembang menjadi lima kelompok yang mayoritas beranggotakan ibu rumah tangga di kawasan pesisir Kelurahan Tanjung Laut Indah.

Lalu pada tahun 2015, Badak LNG mendampingi kelompok untuk membuat ekowisata mangrove yang di dalamnya terdapat wisata kuliner serta wisata edukasi mangrove. Selain itu, melalui pembangunan Mangrove Information Center, program ini juga membantu menyadarkan masyarakat akan pentingnya mangrove untuk mencegah degradasi lingkungan yang lebih luas.[]

 

 

 

Show More

Related Articles

Back to top button