News

Badak LNG Jalani Surveillance Audit OHSAS 18001 : 2007

Sebagai perusahaan energi kelas dunia, Badak LNG dikenal sebagai perusahaan yang memiliki sistem keselamatan dan kesehatan kerja yang sangat baik. Sebagai bukti kecakapan dalam memenuhi peraturan serta persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja, Badak LNG menjalani surveillance audit Occupational Health and Safety Assessment Series atau OHSAS 18001 : 2007. Dimana OHSAS 18001 : 2007 merupakan serangkaian acuan atau standar internasional yang digunakan untuk penerapan sistem manajemen K3.

Surveillance audit OHSAS dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 31 Juli hingga 3 Agustus 2018. Selain surveillance audit OHSAS 18001 : 2007, Badak LNG juga menjalani surveillance auditĀ  ISO 9001 : 2015, serta resertifikasi dan upgrade ISO 14001 : 2015. Proses eksternal audit ketiga sertifikasi tersebut melibatkan tim auditor dari PT SGS.

Rangkaian pembukaan pelaksanaan eksternal audit dilaksanakan di Conference Room Kantor Utama Badak LNG. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Director & COO Badak LNG Gitut Yuliaskar, jajaran manajemen, serta para fasilitator.

Director & COO Badak LNG Gitut Yuliaskar dan Senior Manager SHE&Q Department Muhaimin.

Surveillance audit adalah audit pemantauan yang wajib dilakukan oleh Badan Sertifikasi Independen setiap enam bulan atau satu tahun sekali. Kegiatan ini dilakukan terhadap lembaga yang telah melakukan sertifikasi, untuk menentukan apakah perusahaan masih berhak menyandang sertifikat yang telah diberikan atau tidak.

Pada saat membuka kegiatan eksternal audit, Director & COO Badak LNG Gitut Yuliaskar berharap dengan adanya audit ini akan didapatkan masukan yang bermanfaat untuk perbaikan terkait dengan sistem K3, maupun sistem manajemen lingkungan dan manajemen mutu yang ada di Badak LNG.

Sertifikat OHSAS 18001 : 2007 telah berhasil didapatkan Badak LNG sejak tahun 2016. Sertifikasi ini bertujuan agar penerapan sistem K3 di Badak LNG dapat terus berjalan dengan baik. Selain itu, sistem yang terstandar akan meningkatkan keamanan, kenyamanan, serta keselamatan kerja. Sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan produktivitas para pekerja.

Tim Auditor PT SGS.

Sementara itu, surveillance audit ISO 14001 : 2015 dan ISO 9001 : 2015 juga dilakukan Badak LNG. Eksternal audit ini akan menjadi tolak ukur sejauh mana penerapan sistem manajemen lingkungan dan manajemen mutu berjalan di lingkungan Badak LNG. Pelaksanaan eksternal auditĀ  ini melibatkan seluruh departemen di lingkungan Badak LNG (*).

Show More

Related Articles

Back to top button