Majalah Sinergy

Local Emergency Drill Training Section Berlangsung Sukses

Mengusung tema “Keracunan Makanan Massal Peserta Management Trainee 11-B”, Local Emergency Drill yang dilaksanakan oleh Training Section HRD Department berlangsung dengan sukses. Kegiatan yang diadakan pada Kamis (11/10/2018) ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh pekerja dan mitra kerja di lingkungan Training Section dalam penanggulangan keadaan darurat.

Skenario Local Emergency Drill bermula dengan adanya laporan Instruktur yang sedang mengajar peserta Management Trainee 11-B kepada OMDP Coordinator bahwa ada 5 peserta yang tiba-tiba mengalami gejala keracunan berupa mual, muntah dan diare. Kejadian tersebut terjadi ketika seluruh pekerja Training Section sedang melaksanakan aktivitas kerja di ruangan masing-masing, termasuk 15 orang peserta Management Trainee 11-B yang sedang mengikuti classroom di ruang 123. Setelah beberapa saat, seluruh peserta Management Trainee 11-B juga mengeluhkan hal yang sama sehingga menimbulkan kecurigaan bahwa sakit perut tersebut disebabkan oleh makanan yang mereka konsumsi pada saat istirahat siang.

Melihat situasi yang semakin memburuk, OMDP Coordinator melaporkan ke Training Manager. Dengan sigap, Training Manager langsung menindak lanjuti laporan dengan melihat ke dalam kelas dan ditemukan seluruh peserta Management Trainee mengalami sakit perut. Petugas First Aider pun diinstruksikan untuk melakukan tindakan pertolongan pertama sambil menunggu kedatangan petugas Rumah Sakit LNG Badak.

Skenario Local Emergency Drill tersebut mampu dijalani dengan baik oleh setiap personil yang terlibat. Ditemui usai pelaksanan Local Emergency Drill, Manager Training section Irfan Hidayat menyampaikan bahwa kegiatan tersebut penting dilakukan untuk melihat dan mengevaluasi sejauh mana kesigapan seluruh pekerja bila terjadi kejadian gawat darurat yang dapat terjadi sewaktu-waktu (*).

Show More

Related Articles

Back to top button