Gemilang Badak LNG 2017Majalah SinergyNews

Enam Kali PROPER Emas Provinsi, Wujud Nyata Komitmen Lingkungan Hidup dan Sosial Badak LNG

Di tengah tantangan yang dihadapi industri migas sekaligus tugasnya sebagai operator kilang LNG yang profesional dan handal, Badak LNG tetap memiliki komitmen tinggi terhadap lingkungan hidup dan sosial. Hal ini salah satunya tercermin dari penghargaan PROPER Emas tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang kembali diraih Badak LNG, Kamis (7/6).

PROPER Emas tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak dan diterima oleh Senior Manager SHE&Q Badak LNG Muhaimin. Penghargaan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2018 tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang mengangkat tema “Ayo Lindungi dan Lestarikan Lingkungan Pesisir dan Laut Indonesia dari Sampah Plastik (Beat Plastic Pollution)” ini dilaksanakan di Lamin Etam, Komplek Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Timur.

Senior Manager SHE&Q Dept Muhaimin. usai menerima PROPER Emas tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Beroperasi di bidang pencairan gas alam untuk menghasilkan LNG dan LPG, perusahaan yang sudah lebih dari empat puluh tahun ini melakukan sejumlah upaya efisiensi sumber daya alam untuk menuju keunggulan lingkungan. Hal ini juga dilakukan untuk mewujudkan misi perusahaan yaitu memproduksi energi bersih serta mengelola dengan standar kinerja terbaik untuk menghasilkan nilai tambah maksimal bagi para pemangku kepentingan.

Untuk mewujudkan misi tersebut, perusahaan yang sudah enam kali meraih PROPER Emas tingkat provinsi sejak tahun 2013 ini memiliki komitmen dan kebijakan yang diimplementasikan secara terstruktur menggunakan Sistem Manajemen Lingkungan (SML). Di Badak LNG, SML ini tercermin dalam BSMART (Badak LNG SHEQ Management System & Attitude Reinforcement Technique) sebagai sistem manajemen terintegrasi.

Selain lingkungan alam, perusahaan peraih PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tujuh kali berturut-turut ini juga memiliki komitmen pada pemberdayaan lingkungan sosial di Kota Bontang. Konsep pelestarian lingkungan yang semula hanya dilakukan Perusahaan, kini melibatkan partisipasi masyarakat. Hingga saat ini, Badak LNG menjalankan 22 program pemberdayaan masyarakat dan memiliki 43 kelompok mitra binaan yang sebagian besar juga memiliki kontribusi positif bagi pelestarian lingkungan.

Pencapaian ini tidak lepas dari komitmen seluruh pekerja dan mitra kerja Badak LNG dalam mengoperasikan kilang secara ramah lingkungan. Dukungan dari stakeholder pun memiliki peran besar dalam pengelolaan lingkungan di Badak LNG (*).

Show More

Related Articles

Back to top button