NewsUMKM

Maryam Berdayakan Ibu Rumah Tangga Melalui Amplang

Sejak tahun 2013, Badak LNG melalui Program Community Development telah menjalankan program pengolahan makanan ringan berbahan dasar rumput laut. Selain untuk mendukung gerakan ekonomi berbasis kerakyatan, menciptakan lapangan kerja dan pemberdayaan perempuan, program ini juga untuk mengembangkan potensi lokal kota Bontang. Dimana diketahui rumput laut menjadi salah satu potensi kota Bontang yang memiliki luas wilayah laut 70% dibanding daratan.

Program pengolahan makanan ringan berbahan dasar rumput laut dijalankan oleh Kelompok Mawar Lestari yang berlokasi di Kelurahan Bontang Lestari. Seiring berjalannya waktu, kelompok ini pun semakin berkembang. Ialah Maryam, sosok dibalik kesuksesan usaha Kelompok Mawar Lestari. Usaha produksi amplang rumput laut dirintisnya dengan penuh kerja keras. Mulai dari lingkungan keluarga, Maryam mengajak serta suami dan anak-anaknya untuk membantunya membuat amplang. Bahkan tak jarang pula ia membuang adonan amplang yang tak sesuai takaran demi mendapatkan racikan amplang yang enak dan berkualitas. Pemasarannya pun ia jual sebatas kelompok pengajian RT.

Kelompok Mawar Lestari sedang memproduksi amplang.

Berkat kerja keras dan semangatnya yang tak pernah padam, Maryam bertekad untuk terus menekuni usahanya memproduksi amplang. Kini dari usahanya, dirinya telah mampu menggandeng sepuluh orang ibu rumah tangga untuk bergabung menjadi Anggota Kelompok Mawar Lestari. Amplang produksinya dengan label “Ababil” telah dikenal luas sebagai salah satu oleh-oleh khas dari kota Bontang. Selain memproduksi amplang rumput laut dengan aneka varian rasa, Kelompok Mawar Lestari juga memproduksi stik rumput laut. Penjualannya pun tak hanya disebatas kota Bontang, melainkan juga telah merambah ke Sangatta, Samarinda bahkan Balikpapan.

Iis Solihat salah satu Anggota Kelompok Mawar Lestari mengaku mendapatkan penghasilan tambahan sebagai ibu rumah tangga setelah bergabung  menjadi Anggota Kelompok Mawar Lestari.

Maryam sedang menyiapkan amplang produksinya.

Badak LNG melalui Program Comdevnya telah memberikan dukungannya mengembangkan usaha kelompok ini diantaranya adalah dengan memberikan pelatihan kelembagaan, pelatihan pembukuan, dan pelatihan pengolahan makanan berbahan dasar rumput laut. Selain bantuan pelatihan, Badak LNG juga memberikan bantuan peralatan dan juga pendampingan kelompok yang dilakukan rutin oleh Fasilitator (*).

Show More

Related Articles

Back to top button