Majalah SinergyNews

Badak LNG Jalani Pemeriksaan Sistem Proteksi Kebakaran

Sebagai upaya untuk memastikan kelayakan dan keamanan instalasi pemadam kebakaran, Badak LNG menjalani pemeriksaan sistem proteksi kebakaran. Dilaksanakan pada Rabu (12/09/2018), pemeriksaan sistem proteksi kebakaran dilakukan oleh tim dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bontang. Pemeriksaan ini merupakan langkah awal bagi Badak LNG untuk mendapatkan izin instalasi pemadam kebakaran.

Pada rangkaian acara pembukaan di Fire Training Ground, Manager Storage Loading & Marine Novendri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bontang yang sudah berkenan mengirim Tim Inspeksi untuk melakukan pemeriksaan.

Sementara itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bontang Mohammad Yani mengungkapkan bahwa kegiatan inspeksi telah menjadi salah satu tugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bontang.

Tim Inspeksi sedang meninjau instalasi Fire Protection dan Detection System Kilang Badak LNG.

Usai acara pembukaan, pemeriksaan atau inspeksi kemudian dilakukan di Fire Training Ground dan di area kilang Badak LNG. Kegiatan ini untuk memastikan bahwa sarana dan prasana, serta sistem proteksi kebakaran yang ada di Badak LNG telah memenuhi persyaratan sesuai dengan regulasi yang ada. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bontang Mohammad Yani mengungkapkan bahwa tim dari inspeksi dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bontang akan memberikan rekomendasi terkait dengan sistem proteksi kebakaran di Badak LNG.

Kegitan pemeriksaan atau inspeksi ini dilatarbelakangi adanya keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan tentang tata cara penyusunan dokumen pengendalian potensi bahaya besar dan menengah, yang menyebutkan bahwa upaya perusahaan untuk memastikan kelayakan dan keamanan instalasi salah satunya harus mendapatkan izin instalasi pemadam kebakaran. Oleh karena itu, Badak LNG meminta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bontang untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terkait dengan sistem proteksi kebakaran yang ada di perusahaan.

Pemeriksaan salah satunya untuk melihat kelayakan dan fungsi dari Fire Protection dan Detection System apakah masih berfungsi dengan baik. Fire protection dan Detection System adalah peralatan yang terpasang tetap, digunakan untuk mendeteksi sedini mungkin adanya kebocoran gas, tumpahan LNG atau LPG dan juga sebagai alat untuk menanggulangi kebakaran.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, inspektor dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bontang Nyoto Siswoyo menilai bahwa sistem proteksi kebakaran yang ada di Badak LNG sangat bagus dan telah memenuhi standar persyaratan sesuai dengan regulasi yang ada.

Sementara itu, Supervisor Fire Protection & Equipment Imanuddin menyampaikan selain untuk mendapatkan surat rekomendasi izin instalasi, pemeriksaan ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa sistem proteksi kebakaran di Badak LNG tetap berfungsi dengan baik guna mendukung kelancaran dan keamanan operasional kilang (*).

Show More

Related Articles

Back to top button