NewsUMKM

Produk Olahan Mitra Binaan Badak LNG Jadi Oleh-Oleh Khas Bontang

Memiliki wilayah lautan seluas 70 persen dibanding daratan membuat Kota Bontang kaya akan potensi hasil laut. Potensi tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Badak LNG untuk dapat meningkatkan perekonomian dan kemandirian masyarakat Kota Bontang. Melalui program Community Development, Badak LNG telah memiliki beberapa kelompok mitra binaan yang menjalankan program pengolahan makanan ringan dengan memanfaatkan hasil laut.

Kelompok Mitra Binaan Badak LNG tersebut diantaranya ialah Kelompok Saputra Snack, Kelompok Kembang Lusai, Kelompok Mawar Lestari, dan kelompok lainnya. Beragam produk hasil olahan mitra binaan Badak LNG kini telah menjadi oleh-oleh khas Kota Bontang. Buah tangan khas dari Kota Bontang produksi mitra binaan Badak LNG salah satunya dapat ditemukan di Sentral Oleh-Oleh Ababil yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Nomor 16 Kelurahan Api-Api. Di gerai ini tersedia aneka produk olahan hasil laut dari mitra binaan Badak LNG. Seperti keripik ikan bawis, amplang rumput laut, stik ikan, dan terasi.

Sentral oleh-oleh Ababil, Jalan Ahmad Yani Nomor 16.

Aneka produk buatan mitra binaan Badak LNG juga dapat ditemukan di Knowledge House Badak LNG yang berlokasi di Komplek Ruko Yayasan LNG Badak, Jalan Brigjen Katamso, KM 6. Produk mitra binaan tersedia di snack pit yang berada di bagian depan gedung Knowledge House. Selain aneka keripik dan amplang, para pengunjung juga dapat membeli sirup mangrove yang kian diminati untuk dapat dijadikan oleh-oleh khas dari Kota Bontang.

Snack Pit Knowledge House Badak LNG, Jalan Brigjen Katamso KM 6.

Selain itu, untuk dapat membeli oleh-oleh khas Kota Bontang para konsumen dapat langsung berkunjung ke Rumah Bawis Pak Ucil yang beralamat di Jalan Tenis 3 Rt 38 Kelurahan Api-Api. Mitra binaan Kelompok Saputra Snack ini memproduksi aneka makanan ringan dari olahan hasil laut, seperti keripik bawis, keripik kulit ikan bandeng, teri crispy, stik rumput laut, amplang, dan bahkan ice krim kepiting.

Rumah Bawis Pak Ucil, Jalan Tenis 3.

Aneka produk olahan mitra binaan Badak LNG kini telah dikenal dan semakin luas dipasarkan.  Hal tersebut menjadi bukti tingginya komitmen Badak LNG untuk dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat Kota Bontang melalui program Community Development (*).

Show More

Related Articles

Back to top button