Majalah Sinergy

Record Center Laporkan Hasil Supervisi dan Evaluasi Sistem Kearsipan

Dimulai pada tanggal 6 Agustus hingga 10 September 2018, Record Center Legal Section telah melaksanakan kegiatan supervisi dan evaluasi sistem kearsipan. Kegiatan tersebut menyasar seluruh unit kerja atau central file di lingkungan Badak LNG Bontang dan Jakarta. Setelah dilaksanakan selama lebih dari satu bulan, hasil dari kegiatan supervisi dan evaluasi sistem kearsipan kemudian dilaporkan oleh Record Center.

Pelaporan tersebut diselenggarakan pada Jumat (21/09/2018) di gedung Town Center. Hadir dalam kegiatan ini ialah Pjs COO Badak LNG Bambang Prijadi, Vice President Production Badak LNG Rahmat Safruddin, jajaran manajemen, serta para arsiparis dari seluruh unit kerja di Badak LNG.

Acara Pelaporan diadakan di gedung Town Center Badak LNG.

Dalam sambutannya, Pjs COO Badak LNG Bambang Prijadi memberikan apresiasi kepada Record Center yang telah melaksanakan kegiatan supervisi dan evaluasi sistem kearsipan. Dimana Badak LNG yang telah berhasil beroperasi dengan aman, handal dan terpercaya selama lebih dari 40 tahun tak terlepas dari banyak faktor pendukung. Salah satu faktor tersebut ialah sistem kearsipan.

Pjs COO Badak LNG Bambang Prijadi menyerahkan penghargaan kategori terbaik.

Kegiatan supervisi dan evaluasi sistem kearsipan dilaksanakan terkait dengan tugas dan tanggung jawab Record Center atau Unit Kearsipan untuk mengkoordinasikan sistem kearsipan di perusahaan serta mengelola, menyimpan, dan menyusutkan arsip-arsip inaktif. Hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan.

Senior Manager Corporate Communication Department Hanes Utama menyerahkan penghargaan kategori baik.

Dalam kegiatan ini Specialist Legal Angga Fakih Genot melaporkan hasil dari kegiatan supervisi dan evaluasi sistem kearsipan yang telah dilaksanakan. Dimana penilaian dilakukan berdasarkan berbagai faktor, diantaranya ialah tingkat pengetahuan sekretaris dalam penguasaan teori serta implementasi klasifikasi arsip, pengelolaan surat masuk dan surat keluar, pemanfaatan e-record, mempunyai jadwal retensi arsip dan dasar hukum lain serta paham dalam pelaksanaan mekanisme pemusnahan arsip.

Foto bersama usai penyerahan penghargaan.

Dari hasil penilaian yang dilakukan, Record Center kemudian memberikan penghargaan kepada central file atau unit kerja yang telah melakukan sistem pengelolaan dengan baik. Penghargaan dibagi kedalam dua kategori, yakni kategori baik dan kategori terbaik. Terdapat 9 unit kerja yang menerima penghargaan baik, dan 6 unit kerja mendapatkan penghargaan terbaik.

Central File / Unit Kerja Kategori Baik :

  1. MP & TA Section
  2. Security Section
  3. Instrument Section
  4. Contract Section
  5. Lab & Environment Section
  6. Services Dept.
  7. HR Services Section.
  8. Warehouse & Supply Chain Section
  9. Process Train

Central File / Unit Kerja Kategori Terbaik :

  1. Electrical Section.
  2. Internal Audit Dept.
  3. AO & C Dept.
  4. Sekretaris DIR & COO.
  5. Procurement & Contract Dept.
  6. SHE&Q Dept.

Dalam sambutannya, Senior Manager Corporate Communication Department Hanes Utama menyampaikan bahwa kegiatan supervisi dan evaluasi yang diselenggarakan terinspirasi dari Record Center. Dimana seorang arsiparis ternyata memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung kegiatan kerja sehari-hari. Oleh karena itu, penghargaan pun diberikan bagi yang telah menerapkan sistem kearsipan dengan baik.

Pelaporan hasil supervisi dan evaluasi sistem kearsipan ini diwarnai dengan workshop tentang kearsipan yang menghadirkan arsiparis ahli dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur Risnawati (*).

Show More

Related Articles

Back to top button