NewsWisata

Mangrove Information Center Bukti Adanya Sinergi Antara Badak LNG dan Masyarakat di Bidang Pelestarian Lingkungan

Kunjungan rombongan dari The Nature Conservancy atau TNC ke Badak LNG benar-benar dimanfaatkan untuk menggali berbagai informasi terkait program konservasi, termasuk mengenai program Community Development yang dijalankan oleh Badak LNG.

Maka dalam rangkaian kunjungannya ke Badak LNG yang dilaksanakan pada tanggal 23 hingga 25 Juli 2019, rombongan TNC juga berkunjung ke Mangrove Information Center yang berlokasi di jalan Cumi-Cumi III kelurahan Tanjung Laut Indah. Disini, rombongan TNC mendapat penjelasan langsung dari Ketua Kelompok Tani Mangrove Lestari Indah, Muhammad Ali seputar aktivitas budidaya mangrove, termasuk perkembangan pembudidayaan mangrove. Selain program konservasi kawasan mangrove, Badak LNG juga memberdayakan para ibu rumah tangga dalam program diversifikasi buah mangrove. Para ibu rumah tangga dibina dan diberi bekal keterampilan untuk memanfaatkan buah mangrove menjadi produk sirup mangrove yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Bahkan dalam perkembangannya, kini Kelompok Tani Mangrove telah merintis ekowisata mangrove serta telah melakukan pembudidayaan kepiting bakau.

Sambil berdiskusi, rombongan TNC pun juga bersempatan mencicipi aneka produk diversifikasi buah mangrove, seperti sirup mangrove, amplang mangrove, dan dodol mangrove.

Associate Director of Development for Corporate Practise TNC, Ratih Lukito memaparkan bahwa kunjungan ini dalam rangka memenuhi undangan dari Badak LNG untuk dapat menjajaki peluang kerja sama di bidang pengelolaan lingkungan hidup. Mangrove Information Center pun dinilai menjadi sebuah program pemberdayaan masyarakat yang sudah maju, serta menjadi bukti adanya sinergis yang baik antara Perusahaan Badak LNG dan masyarakat di bidang pengelolaan lingkungan.

Keberadaan Mangrove Information Center sendiri mampu menjadi inspirasi dan bukti bahwa antara Kelompok Tani dan Badak LNG dapat menjalin kerjasama yang baik di bidang pelestarian lingkungan (*).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close