News

Program COOP Badak LNG Bantu Tingkatkan Daya Saing Kerja Mahasiswa Asal Bontang

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial dalam bidang pendidikan, Badak LNG melalui Corporate Communication Department, menyelenggarakan Cooperative Education Program atau COOP. Peserta COOP Badak LNG yang telah memasuki angkatan ke 29 ini, berjumlah 10 mahasiswa yang memiliki KTP Bontang. Program magang yang diikuti mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Kalimatan Timur ini rutin dilaksanakan 2 kali setahun oleh Badak LNG.

COOP merupakan sarana untuk menempa pengalaman dan ketrampilan para mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, hal ini dirasakan oleh Risky Kurniawan. Mahasiswa Universitas Mulawarman ini menjadi salah satu peserta COOP angkatan 29. Risky Kurniawan mendapat penempatan di Services Department Badak LNG bagian Nursery. Mahasiswa jurusan Biologi ini mendapat kesempatan melakukan kultur tanaman langka yang ada di sekitar Badak LNG. Selain itu, Risky juga bertugas melakukan inisiasi pertumbuhan tanaman, aklimatisasi tanaman, serta sterilisasi peralatan yang digunakan.

Menurut Risky Kurniawan, banyak sekali ilmu yang didapat selama magang di Services Department Badak LNG. Pelajaran yang amat berkesan adalah nilai kedisiplinan yang tinggi di lingkungan Badak LNG. Risky mengaku merasa sangat beruntung bisa menjadi bagian dari program COOP Badak LNG ini.

Manfaat dari Cooperatif Education Program juga dirasakan Nuraini. Mahasiswi Sekolah Tinggi Teknologi Bontang ini, merupakan salah satu peserta COOP angkatan 29 yang mendapat kesempatan magang di Accounting Operation & Control Department Badak LNG. Nuraini bertugas menangani Accounting Payable Perusahaan. Selain itu, mahasiswa semester 6 jurusan Teknik Informatika ini berkesempatan menangani cek dan faktur pajak secara langsung.

Menurut Nuraini, program magang yang diselenggarakan Badak LNG sangat bermanfaat bagi para mahasiswa. Nuraini mengatakan bahwa pengetahuan yang di dapat sangat berlimpah. Tadinya, Nuraini mengaku hanya berkutat dengan komputer saja selama masa perkuliahan. Kini, Nuraini akhirnya berkesempatan merasakan langsung atmosfir dunia kerja yang sesungguhnya, melalui COOP Badak LNG.

Para peserta COOP juga mendapat penempatan di Corporate Communication Department. Diantaranya adalah Muhammad Farkhan Arif Wicaksono yang merupakan Mahasiswa STITEK Bontang jurusan Teknik Elektro. Peserta lainnya yaitu Risma Febriana Putri, mahasiswa Universitas Mulawarman jurusan Manajemen Pemasaran. Para mahasiswa asal Bontang ini bertugas menangani administrasi yang berkaitan dengan pihak eksternal Badak LNG.

Risma dan Farkhan mewakili peserta COOP angkatan 29, mengucapkan terima kasih kepada Badak LNG, yang telah memberikan kesempatan kepada para mahasiswa asal Bontang, untuk belajar di perusahaan migas berkelas dunia seperti Badak LNG.

Cooperative Education Program merupakan program CSR yang rutin dilaksanakan dua kali dalam setahun oleh Badak LNG. Program ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pengalaman kerja bagi mahasiswa. Diharapkan nantinya pengalaman tersebut dapat bermanfaat bagi mahasiswa ketika memasuki dunia kerja. Program kerja magang bagi mahasiswa yang dilaksanakan selama 6 bulan ini, sekaligus untuk mendukung salah satu Visi Pemerintah Kota Bontang yakni mewujudkan Bontang sebagai Smart City (*).

Show More

Related Articles

Back to top button