News

Gagas Kebun Ovata, Badak LNG Tanam 14 Ribu Bibit Mangrove Ovata

Lagi dan lagi Badak LNG memberikan kepeduliannya kepada masyarakat Bontang melalui Community Development, Program Kebun Ovata (16/5). Sebagai bentuk konsistensi Badak LNG dalam melestarikan lingkungan pesisir serta memberikan manfaat secara ekonomi, sosial, dan lingkungan bagi masyarakat sekitar, Badak LNG melakukan seremonial penanaman pohon mangrove jenis Ovata atau Program Kebun Ovata di RT 53 Kelurahan Berebas Tengah. Acara ini turut dihadiri oleh Director & COO Badak LNG Gitut Yuliaskar, Manajemen Badak LNG dan juga Lurah Berebas Tengah Usman HM.

Selain memiliki tugas utama mengoperasikan kilang LNG secara handal, Badak LNG juga tidak pernah melupakan fungsi sosialnya, bahkan sejak berdirinya perusahaan ini empat dekade lalu. Melalui berbagai program CSR atau Comdev, Badak LNG senantiasa mendorong secara langsung agar masyarakat lebih mandiri, baik secara ekonomi, sosial, maupun kapasitas pribadinya serta bertujuan untuk menciptakan pembangunan sosial yang berkelanjutan.

Melalui program Community Development, perusahaan penghasil gas alam cair ini membuat Program Kebun Ovata dengan melibatkan masyarakat sekitar (Kelompok Mitra Binaan Beras Basah). Program ini bertujuan untuk melestarikan lingkungan dikarenakan keberadaan jenis mangrove Ovata di Bontang semakin hari semakin berkurang bahkan sulit ditemukan karena adanya aktivitas alih fungsi kawasan, serta berfungsi untuk dapat menghijaukan buffer zone perusahaan.

Selain itu, Ovata merupakan salah satu jenis mangrove yang buahnya dapat dimanfaatkan untuk membuat sirup mangrove yang menjadi oleh-oleh khas Kota Bontang. Kedepannya diharapkan buah yang dihasilkan dari mangrove ini dapat dimanfaatkan untuk menjadi bahan baku membuat sirup, sehingga dapat menumbuhkan sentra-sentra pembuatan sirup mangrove yang diharapkan dapat meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat sekitar.

Untuk luas lahan yang akan ditanami mangrove sekitar 5,93 Ha dengan jumlah bibit sebanyak 14.836 bibit. Penanaman ini akan dilakukan dalam tiga tahap, tahap pertama sebanyak 3.313 bibit dengan luas 1,32 Ha, tahap kedua sebanyak 4.793 bibit dengan luas 1,91 Ha dan tahap ketiga sebanyak 6.730 bibit dengan luas 2,69 Ha.

Badak LNG berharap Program Kebun Ovata ini akan dapat memberikan manfaat yang maksimal secara lingkungan, sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar serta mampu mewujudkan cita-cita Badak LNG untuk terus Maju Bersama Masyarakat (*).

Show More

Related Articles

Back to top button