Lain-lainMajalah SinergyNews

Cegah Penyebaran Covid-19, Badak LNG Gunakan GeNose C19

Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus dilakukan oleh Badak LNG. Kini Badak LNG mulai menggunakan GeNose C19 sebagai bentuk komitmen untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan perusahaan. GeNose C19 merupakan alat pendeteksi Covid-19 yang merupakan hasil pengembangan para peneliti Universitas Gadjah Mada.

Pekerja Badak LNG sedang melakukan tes deteksi Covid-19 menggunakan GeNose C19.

GeNose C19 bekerja mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 yang keluar melalui hembusan nafas ke dalam kantong khusus. Kemudian diidentifikasi melalui sensor yang datanya akan diolah dengan bantuan kecerdasan artifisial. Trainer GeNose C19 PT Sigma Andalan Nusa – Shandy Gasella mengungkapkan selain cepat mendeteksi virus, tingkat keakurasian dari GeNose C19 mencapai 93%.

Sementara itu Senior Manager Technology & Strategic Planning Department Badak LNG Ichsan Maulana menyebut bahwa pembelian GeNose C19 bertujuan untuk dapat membantu meminimalisir penyebaran Covid-19 di lingkungan perusahaan karena dapat mendeteksi virus dengan cepat. Selain itu, penggunaan GeNose C19 juga merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah untuk mengembangkan produk domestik karya anak bangsa.

Alat GeNose C19 merupakan hasil pengembangan para peneliti Universitas Gadjah Mada.

 

Show More

Related Articles

Back to top button