Majalah Sinergy

Badak LNG Laksanakan Table Top Emergency Drill

Badak LNG telah menyelenggarakan table top emergency drill. Kegiatan yang dilaksanakan Kamis (9/8/2018) ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapsiagaan dan keterbiasaan pekerja dalam menjalani standar operasional prosedur keadaan darurat sesuai emergency control plan, khususnya tentang sistem komunikasi bila terjadi keadaan darurat.

Simulasi table top emergency drill, Vice President Productions Zudiharto selaku MECC Leader.
Simulasi table top emergency drill, Director & COO Gitut Yuliaskar sebagai MST Leader.

Skenario yang dijalankan pada simulasi kali ini dimulai dari adanya kebocoran gas di loading dock II sehingga menyebabkan terjadinya kebakaran. Dengan segera Field Operator berkomunikasi dengan Officer Loading Dock II. Informasi tersebut kemudian dilanjutkan hingga sampai ke Senior Manager Operations sehingga langsung membentuk Operations Emergency Team dan menginformasikan kepada Vice President Productions Zudiharto selaku MECC Leader. MECC Leader kemudian menginformasikan kepada Director & COO Gitut Yuliaskar sebagai MST Leader.

Jalur komunikasi segera terbentuk untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran akibat kebocoran LNG. Masing-masing pihak yang terlibat dengan intens dan aktif melakukan koordinasi.

Simulasi table top emergency drill.

Table top emergency drill ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesiapan para personil dalam menghadapi setiap situasi gawat darurat yang dapat mengancam jalannya operasional kilang LNG. Table top emergency kali ini merupakan emergency drill kedua yang dilaksanakan oleh Badak LNG. Dimana setidaknya dalam setahun Badak LNG harus melaksanakan empat kali simulasi penanggulangan keadaan darurat.

Director & COO Badak LNG Gitut Yuliaskar menegaskan bahwa emergency drill table top dilaksanakan untuk melatih para pekerja agar tanggap serta meningkatkan kecepatan respon pekerja dalam menghadapi keadaan darurat (*).

Show More

Related Articles

Back to top button