UMKM

Badak LNG Kembangkan Potensi Lokal

Rumput laut menjadi salah satu potensi terbesar Kota Bontang sebagai daerah yang memiliki luas wilayah laut  70% dibanding daratan. Upaya mengembangkan potensi rumput laut dilakukan Badak LNG melalui Community Development dengan menjalankan Program Pengolahan Makanan Ringan Berbahan Dasar Rumput Laut.

Program berlangsung sejak tahun 2013 dan dijalankan oleh kelompok Mawar Lestari beranggotakan para ibu rumah tangga yang berdomisili di Kelurahan Bontang Lestari.

Dukungan Badak LNG dalam mengembangkan usaha kelompok ini diantaranya memberikan pelatihan kelembagaan, pelatihan pembukuan, dan pelatihan pengolahan makanan berbahan dasar rumput laut. Selain itu, Badak LNG juga memberikan bantuan peralatan serta pendampingan kelompok yang dilakukan rutin oleh fasilitator.

Keberadaan kelompok Mawar Lestari memberikan pengaruh positif pada pengurangan tingkat kemiskinan, mendukung gerakan ekonomi berbasis kerakyatan, menciptakan lapangan kerja, dan pemberdayaan perempuan di sekitar Kelurahan.

Kini usaha pengolahan makanan berbahan dasar rumput laut sudah semakin meluas. Pemasaran hasil produksi sudah menembus pasar luar kota yaitu Samarinda dan Sangatta. []

 

 

Show More

Related Articles

Back to top button