Lain-lainMajalah SinergyNewsUMKM

Kelompok Saung Pandu Mulai Kembangkan Aquaponik

Sejalan dengan pelaksanaan integrated farming system atau pertanian terpadu dengan memanfaatkan air limbah yang sudah diolah untuk air kolam ikan dan melakukan pemanfaatan nutrisi air kolam ikan untuk pertanian, Kelompok Saung Pandu atau usaha unggulan pertanian terpadu kini mulai mengembangkan aquaponik.

Sistem aquaponik sendiri ialah perpaduan antara aquakultur dan hidroponik. Dimana aquakultur adalah memelihara ikan, sedangkan hidroponik ialah menanam tumbuhan dengan media tumbuh berupa air. Di Kelompok Saung Pandu, aquaponik ini mengkombinasikan sistem menanam hidroponik dengan sumber nutrisi dari kolam ikan lele dan ikan patin. Sistem menanam aquaponik ini memompa air yang mengandung kotoran ikan dan disalurkan ke pipa hidroponik. Sehingga media tanam sayuran akan mendapatkan nutrisi serta berperan sebagai filter air.

Anggota Saung Pandu sedang melakukan pengecekan bibit tanaman.

Ketua Kelompok Saung Pandu Adul Rahmansyah menyampaikan saat ini tanaman yang dikembangkan melalui hidroponik ialah pakcoy, seledri, dan buncis.
Di Kelompok Saung Pandu, pompa air aquaponik dinyalakan dari listrik yang dihasilkan dari panel surya. Panel surya merupakan kumpulan sel surya yang ditata sedemikian rupa agar efektif dalam menyerap sinar matahari. Panas dari sinar matahari dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik.

Show More

Related Articles

Back to top button