News

Badak LNG Jalani Tahap Verifikasi Properda Kaltim

Dalam rangka Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan atau PROPER tingkat daerah, tim dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Bontang, Senin 26 Februari 2018 melakukan kunjungan ke Badak LNG.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan verifikasi data pemantapan peraturan perundang-undangan dan implementasi pelaksanaan kinerja lingkungan di Badak LNG. Verifikasi ini dilakukan untuk membuktikan dan melihat secara langsung tingginya komitmen Badak LNG terhadap sistem pengelolaan lingkungan.

Dalam kunjungannya di Badak LNG, tim Properda dapat melihat secara langsung kinerja pengelolaan dan penataan peraturan yang berlaku. Setidaknya terdapat berbagai aspek yang ditinjau, diantaranya yaitu aspek administrasi, aspek tahap pengendalian pencemaran dan kerusakan, aspek pengendalian limbah B3 dan Community Development Badak LNG.

Lokasi yang ditinjau oleh tim penilai diantaranya meliputi tempat penyimpanan sementara, insinerator dan program inovasi berupa Oven Drying Motor Electric.

Selain itu, tim Properda juga meninjau langsung pelaksanaan program Comdev Kampung Asimilasi Bontang Lestari di Lapas Kelas Tiga Bontang. Program Kampung Asimilasi dijalankan Badak LNG untuk membantu Lapas Bontang dalam mempersiapkan warga binaan yang produktif, handal dan siap berkarya di masyarakat. Berbagai program telah dilaksanakan Badak LNG untuk menjadikan warga binaan sebagai tenaga kerja produktif yang memiliki ketrampilan selepas mereka selesai menjalani masa tahanan. Program tersebut meliputi budidaya ayam organik, budidaya buah naga, budidaya tanaman hidroponik serta usaha pemanfaatan drum bekas untuk kerajinan furniture.

Didampingi oleh Kepala Lapas Kelas Tiga Bontang,  Heru Yuswanto serta Specialist CSR Badak LNG Reta Yudistyana, tim Properda mendapatkan penjelasan mengenai program Comdev di Lapas yang saat ini telah berjalan dengan baik.

Tim Properda sangat terkesan dengan program Comdev Badak LNG yang tak hanya sekedar memberikan bantuan, namun juga memberdayakan masyarakat dan memberikan nilai tambah.

Tinjauan program Comdev Badak LNG diakhiri di Floating Resto atau restoran terapung yang dijalankan oleh kelompok Kerapu Macan. Floating resto ini merupakan pengembangan dari program pembudidayaan ikan Kerapu.

Sementara itu, seperti diketahui upaya Badak LNG dalam melakukan pengelolaan lingkungan telah diakui dengan diraihnya PROPER Emas tujuh kali berturut-turut sejak tahun 2011 dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Show More

Related Articles

Back to top button