Majalah Sinergy

Electrical Section Sukses Laksanakan Local Emergency Drill

Sebagai bentuk implementasi dari Emergency Control Plan yang ditetapkan oleh Badak LNG, Electrical Section Maintenance Department laksanakan Local Emergency Drill pada Kamis pagi (18/10/2018). Kegiatan yang rutin diadakan setahun sekali ini dilaksanakan di area Workshop Electrical Section, dengan tujuan melatih kesigapan semua pihak yang terlibat dalam menghadapi keadaan darurat.

Kegiatan ini melibatkan Manager Electrical Section Rizqy Fajar Arifianto serta seluruh pekerja dan mitra kerja di lingkungan Electrical Section. Selain itu terlibat pula observer dari Tim P2K3 Maintenance, petugas dari Fire & Safety Section, Security Section serta RS LNG Badak..

Skenario drill berawal dari terbakarnya oven drying motor di area pengetesan motor pada lantai satu Workshop Electrical. Api membakar kertas terdekat lalu menyebar ke material lain dan menginisiasi terjadinya kebakaran.

Panas dari api mengaktifkan sirine darurat. Instruksi evakuasi pun diumumkan oleh Fire Warden. Seluruh pekerja dan mitra kerja serta para tamu di area workshop diarahkan untuk menuju titik area 9 melalui pintu darurat. Setelah pengumuman darurat selesai, seluruh suplai listrik ke area workshop dipadamkan.

Satu orang pekerja terjebak di ruang rewinding dan tidak bisa bergerak. Salah satu Fire Warden Chandra Pribadi segera menginformasikan hal tersebut kepada Manager Electrical Section dan diteruskan kepada Senior Manager Maintenance. Tidak lama kemudian Fire Rescue Team tiba dan mengomando proses evakuasi korban serta pemadaman api. Korban diberi pertolongan pertama oleh First Aider hingga Tim Medis tiba di lokasi. Keadaan pun berangsur terkendali.

Skenario local emergency drill tersebut mampu dijalani dengan baik oleh setiap personil yang terlibat. Ditemui usai pelaksaan local emergency drill, Manager Electrical Rizqy Fajar Arifianto menyampaikan bahwa kegiatan tersebut penting dilakukan untuk melihat dan mengevaluasi sejauh mana kesigapan seluruh pekerja bila terjadi kejadian gawat darurat yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Selanjutnya dilakukan evaluasi drill di Meeting Room Electrical Section   dengan          diikuti oleh tim yang terlibat (*).

Show More

Related Articles

Back to top button