UMKM

Mengenal Sirup Mangrove, Oleh-Oleh Khas Kota Bontang

Tanaman mangrove yang banyak ditemukan di pesisir Kota Bontang dan berfungsi mengurangi abrasi pantai, ternyata juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Tanaman tersebut ternyata dapat diolah menjadi berbagai produk yang dapat dikonsumsi. Salah satunya adalah sirup mangrove.

Melihat potensi tersebut, dan melihat visi misi Perusahaan untuk selalu maju bersama masyarakat, maka Badak LNG tergerak untuk menggagas pengolahan produk diversifikasi mangrove di Kota Bontang, yang pada praktiknya dilakukan dengan membina beberapa kelompok UMKM. Salah satunya adalah kelompok Daun Harum, dimana kelompok ini menjadi salah satu mitra binaan Badak LNG yang sukses memproduksi berbagai olahan mangrove.

Kelompok ini memanfaatkan buah mangrove jenis sonneratia ovate, yang memiliki bentuk serupa dengan buah manggis, berwarna hijau dengan aroma yang wangi. Buah tersebut mudah ditemukan di beberapa titik di pesisir laut seperti Bontang Kuala, Rawa Indah, dan Tanjung Laut. Buah ini kemudian diolah secara higienis untuk menjadi sirup mangrove yang segar.

Sirup mangrove yang diproduksi oleh mitra binaan Badak LNG ini dipasarkan secara luas, bahkan telah menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Kota Bontang. Pamornya pun mulai naik karena Badak LNG secara aktif memperkenalkan produk tersebut di berbagai event pameran. []

 

Show More

Related Articles

Back to top button