News

Rombongan PT Pertagas Area Kalimantan Terkesan Dengan Program Comdev Badak LNG

Selama dua hari penuh yakni pada tanggal 19 dan 20 Maret 2018, rombongan PT Pertamina Gas Area Kalimantan melakukan studi banding mengenai Program Community Development yang dijalankan oleh Badak LNG. Rangkaian kegiatan studi banding diisi dengan tinjauan ke beberapa kelompok mitra binaan Comdev Badak LNG. Program Comdev mendapatkan perhatian khusus, terlebih Program Comdev Badak LNG telah dikenal berpredikat excellence sehingga Badak LNG mampu pula mempertahankan Proper Emas selama tujuh kali berturut-turut.

Tujuan pertama tinjauan ialah ke mitra binaan Kelompok Saputra Snack yang berlokasi di Jalan Tenis RT 38 Kelurahan Api-api. Kelompok ini menjalankan program pengolahan makanan ringan dari hasil laut. Seperti keripik bawis, keripik kulit ikan bandeng, teri crispy, stik rumput laut dan amplang. Dirintis sejak tahun 2012, program pengolahan makanan ringan dari hasil laut merupakan upaya Badak LNG untuk turut mengembangkan potensi hasil laut. Disini, rombongan menggali berbagai informasi mengenai awal mula program dirintis, hingga perkembangan usaha sebelum dan sesudah dibina oleh Badak LNG.

Kemudian, rombongan meninjau usaha pencacahan plastik oleh mitra binaan Kelompok Bontang Lestari Peduli yang berlokasi di Tempat Pemrosesan Akhir Bontang Lestari. Sebagai salah satu program unggulan Community Development Badak LNG, usaha pencacahan plastik telah dimulai sejak pertengahan tahun 2012. Di tempat ini rombongan PT Pertagas Area Kalimatan melihat secara langsung Program Comdev Badak LNG yang benar-benar dapat memberdayakan masyarakat di wilayah Kelurahan Bontang Lestari tersebut.

Lokasi terakhir tinjauan ialah ke mitra binaan Kelompok Mawar Lestari yang menjalankan program pengolahan makanan ringan berbahan dasar rumput laut. Berlokasi di Kelurahan Bontang Lestari, program ini dijalankan Badak LNG dengan tujuan untuk mendukung gerakan ekonomi berbasis kerakyatan, menciptakan lapangan kerja dan pemberdayaan perempuan. Dari tinjauan lapangan ini, rombongan PT Pertamina Gas Kalimantan Area  dapat melihat langsung mengenai pengelolaan Program Comdev badak LNG. Rombongan pun terkesan dapat melihat langsung pelaksanaan berbagai program Comdev Badak LNG yang telah terbukti mampu memberdayakan masyarakat sekitar kilang (*).

Show More

Related Articles

Back to top button