NewsUMKM

Program Comdev Pembudidayaan Lele Curi Perhatian Rombongan PT Krakatau Posco

Studi banding mengenai sistem pengelolaan lingkungan di Badak LNG dilaksanakan oleh rombongan dari PT Krakatau Posco pada Kamis (13/06/19). Predikat Proper Emas untuk yang ke-8 kalinya pada Penghargaan Proper menjadi alasan PT Krakatau Posco untuk mencontoh sistem pengelolaan lingkungan yang diterapkan oleh Badak LNG.

Pada kegiatan studi banding ini, rombongan berdiskusi berbagai hal terkait dengan pelaksanaan Program Community Development yang dijalankan oleh Badak LNG.

Tak hanya berdiskusi, rombongan pun juga berkesempatan melihat secara langsung tentang pembudiyaan tanaman serta pengelolaan sampah organik di Nursery Badak LNG. Disini rombongan mendapatkan penjelasan tentang beragam jenis tanaman hias, tanaman langka, cara perawatan tanaman dan cara pembuatan pupuk kompos serta tentang pemanfaatan minyak jelantah menjadi bahan bakar bio diesel.

Usai berkunjung ke Nursery, rombongan PT Krakatau Posco juga melihat Program Usaha Budidaya Ikan Lele yang dijalankan oleh Kelompok Barisan Gotong Royong. Berlokasi di Jalan Atletik Tiga Kelurahan Api-Api, Pembudidayaan Ikan Lele juga  menjadi salah satu  Program Unggulan Community Development Badak LNG di bidang pemberdayaan masyarakat yang mempunyai konsep untuk menciptakan kemandirian masyarakat. Tak hanya membudidayakan ikan lele saja, Kelompok Bargon juga telah memproduksi berbagai olahan berbahan dasar lele. Diantaranya ialah lele asap, abon lele, dan dendeng lele. Bahkan kini Kelompok Bargon telah berinovasi membuat nugget lele.

Tak hanya menggali informasi tentang pembudidayaan, rombongan juga berkesempatan mencicipi langsung aneka makanan berbahan dasar lele. Mereka pun mengaku terkesan dapat mencoba langsung aneka olahan lele.

Program Community Development menjadi perhatian khusus dalam kegiatan studi banding ini, karena Comdev juga menjadi bagian dari Penilaian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Penghargaan Proper.

Kunjungan ke Kelompok Bargon ini menutup rangkaian studi banding PT Krakatau Posco di Badak LNG. Ditemui usai acara penutupan di Conference Room SHE&Q Department, Kepala Departemen Lingkungan PT Krakatau Posco Joko Winarno mengaku senang dapat belajar dan menimba pengalaman langsung ke Badak LNG terkait dengan Proper. Pengelolaan lingkungan hidup di Badak LNG patut menjadi percontohan bagi perusahaan lainnya (*).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close