News

Badak LNG Selenggarakan Pelatihan Budidaya Kepiting Bakau

Melalui program Community Development, Badak LNG menyelenggarakan pelatihan budidaya kepiting bakau, yang bekerja sama dengan Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan Maros, Sulawesi Selatan, pelatihan dilaksanakan pada tanggal 5 dan 6 Desember 2017 di Mangrove Information Center.

Pelatihan ini menjadi bukti bahwa selain menjalankan program konservasi, Badak LNG juga tidak melupakan program penting lainnya yakni melakukan pendampingan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonominya.

Senior Manager Corporate Communication Department Hanes Utama mengungkapkan bahwa hal tersebut sejalan dengan tugas Badak LNG yang tak hanya memproduksi LNGĀ  melainkan juga turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Community Development.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Dan Pertanian Kota Bontang Aji Erlinawati memberikan apresiasi kepada Badak LNG atas diadakannya pelatihan budidaya kepiting bakau. Pelatihan ini tentu saja dapat mendorong pelestarian kepiting sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ditambah lagi, pelatihan yang dilatarbelakangi oleh tingginya permintaan kepiting bakau di pasaran ini tentu saja sangat bermanfaat pula untuk mendorong pelestarian hutan mangrove yang menjadi habitat bagi kepiting bakau.

Dalam sambutannya, Senior Manager Corporate Communication Department Hanes Utama berpesan kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti rangkaian pelatihan dengan sebaik-baiknya. Lalu Kepala DKP3 Kota Bontang Aji Erlynawati berharap pelatihan ini dapat menguatkan Kota Bontang sebagai kota maritim, sekaligus meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Para peserta pelatihan mendapatkan berbagai ilmu mengenai pembudidayaan kepiting bakau, seperti persiapan pembuatan karamba kepiting, teknik pembesaran kepiting, pembuatan pakan kepiting, pembibitan kepiting bakau, hingga teknik panen kepiting bakau.

Pada hari kedua pelatihan, seluruh peserta diajak langsung ke lokasi pembudidayaan kepiting bakau di Bontang Kuala dan Tanjung Laut Indah, para peserta pun diajak berdiskusi seputar teknik pembudidayaan kepiting bakau yang baik dan benar.[]

 

Show More

Related Articles

Back to top button