Lain-lainMajalah SinergyNewsUMKM

Kelompok Saung Pandu Jalani Sertifikasi Prima 3

Mitra binaan comdev Badak LNG, Kelompok Saung Pandu menjalani sertifikasi prima 3. Sertifikasi prima 3 merupakan bukti dan pengakuan bahwa pelaku usaha telah memenuhi persyaratan dalam menerapkan sistem jaminan mutu pangan hasil pertanian dan produk tersebut aman untuk dikonsumsi.
Sebagai tahap awal untuk mendapatkan sertifikasi prima 3, Kelompok Saung Pandu telah ditinjau oleh tim dari Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur. Peninjauan ini dilaksanakan pada Rabu (07/04/21). Tim dari Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur mendatangi lokasi Kelompok Saung Pandu untuk dapat melihat langsung kegiatan usaha pertanian.

Tim peninjau melihat langsung lokasi pertanian Kelompok Saung Pandu.

Peninjauan ini merupakan tahap awal dalam pelaksanaan sertifikasi prima 3. Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur – Diah Adiyati Yahya menguraikan bahwa tahap selanjutnya ialah melengkapi administrasi dan pengambilan sampel. Sertifikasi prima ini nantinya dapat memberikan jaminan kepada konsumen bahwa komoditi yang ditanam oleh Kelompok Saung Pandu telah aman untuk dikonsumsi.

Ketua Kelompok Saung Pandu Adul Rahmansyah sedang memberi penjelasan kepada tim peninjau.

Kelompok Saung Pandu menjadi yang pertama di kota Bontang yang mengajukan sertifikasi prima 3. Apresiasi diberikan oleh Kepala Seksi Keamanan Pangan DKP3 Bontang – Fahrudin kepada Kelompok Saung Pandu. Sertifikasi prima 3 ini dilakukan untuk mendapatkan sertifikat jaminan mutu hasil pertanian.

Sementara itu, Ketua Kelompok Saung Pandu Adul Rahmansyah  berharap nantinya komoditi hasil usaha pertaniannya dapat semakin dikenal luas dan kian diminati masyarakat.

Show More

Related Articles

Back to top button