News

FKIP Unmul Kunjungi Saputra Snack

Puluhan mahasiswa FKIP Unmul Prodi Ekonomi mengunjungi UMKM Saputra Snack Bontang Pak Ucil Pada Sabtu 28 April 2018. Kunjungan ini diterima langsung Ketua Kelompok Saputra Snack Nienik Rakhmawati Zauharoh serta pendamping Kelompok Saputra Snack dari Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian Kota Bontang Diah Ratna Wulandari. Kunjungan ini merupakan salah satu program pengamatan yang dilakukan dalam mata kuliah kewirausahaan.

Kelompok Saputra Snack sendiri merupakan salah satu mitra binaan CSR Badak LNG yang berprestasi. Kelompok yang diketuai oleh Nienik Rakhmawati Zauharoh ini telah meraih juara 1 Nasional Citi Microentrepreneurship Award Kategori Fishery. Oleh karena itu, dalam sambutannya Diah Ratna Wulandari selaku pendamping kelompok Saputra Snack berpesan agar seluruh peserta dapat mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dalam kunjungan ini.

Dalam kegiatan ini para mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai usaha pengolahan makanan dari hasil laut yang digeluti kelompok Saputra Snack. Antusias para mahasiswa begitu terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan.

Pertanyaan para mahasiswa prodi Ekonomi ini pun dijawab langsung oleh Ketua Kelompok Saputra Snack Nienik Rakhmawati Zauharoh. Para peserta begitu semangat menimba ilmu dari salah satu UMKM yang telah mengharumkan nama Kota Bontang ini.

Usai diskusi dan tanya jawab, para mahasiwa diberi kesempatan untuk melihat langsung dan membantu proses pembuatan stik rumput laut. Untuk menjamin higienitas, sebelum memulai proses pembuatan stik rumput laut para mahasiswa terlebih dahulu diberikan sarung tangan, penutup kepala, masker, serta celemek.

Para mahasiswa terlihat begitu bersemangat membuat stik rumput laut. Di pelatihan  ini, Nienik menjelaskan mulai dari pemilihan bahan, proses pembuatan, hingga pengemasan stik rumput laut. Setelah puas mempraktekkan langsung ilmu pengolahan rumput laut, para mahasiswa berkesempatan berbelanja di Outlet Saputra Snack.

Ditemui sesudah acara, Ketua Panitia Kunjungan FKIP Unmul Thomas Pratama menyampaikan bahwa dirinya sangat ingin mengaplikasikan ilmu yang didapat hari ini. Thomas mengaku baru mengetahui bahwa proses pengolahan rumput laut begitu panjang. Menurutnya produk Saputra Snack memiliki mutu yang baik karena alami tanpa bahan pengawet. Thomas juga mengapresiasi CSR Badak LNG yang telah meningkatkan kemandirian para pelaku UMKM (*).

Show More

Related Articles

Back to top button