News

Badak LNG Gelar Pelatihan Kreativitas Pembuatan Souvenir dan Sablon

Di tahun 2018 program Community Development Badak LNG difokuskan untuk mengembangkan program bertemakan wisata, seperti wisata alam, kuliner, sejarah dan budaya serta kegiatan-kegiatan pendukung untuk wisata. Dalam mengembangkan potensi wisata tentunya tak luput dari upaya mengembangkan sektor usaha pendukungnya. Menyadari pentingnya mengembangkan sektor usaha pendukung, Badak LNG menggelar pelatihan kreativitas pembuatan souvenir dan sablon.

Pelatihan diadakan di Knowledge House Badak LNG.

Pelatihan kreativitas pembuatan souvenir dan sablon dilaksanakan di Knowledge House Badak LNG selama lima hari mulai tanggal 27 hingga 31 Agustus 2018. Hadir dalam acara pembukaan diantaranya Manager Media, CSR, and External Relations Corporate Communication Department Badak LNG Busori Sunaryo, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Pemberdayaan Masyarakat Abdu Safa Muha, dan Camat Bontang Selatan Sarifuddin.

Peserta pelatihan tampak serius mengikuti pemaparan dari Trainer.

Peserta pelatihan kreativitas pembuatan souvenir dan sablon terdiri dari Komunitas Pasar Malam Berbas Pantai, Mitra Binaan Kelompok Masyarakat Kreatif Pesisir, Wisata Dayak Bontang, dan Koperasi Cipta Busana.

Pada saat acara pembukaan, Ketua Laphan Borneo – Nobon yang juga sebagai pendamping anak-anak dan remaja Komunitas Pasar Malam Berbas Pantai menyambut positif dengan adanya pelatihan kreativitas pembuatan souvenir dan sablon yang diberikan oleh Badak LNG. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anggota Komunitas Pasar Malam Berbas Pantai agar memiliki keterampilan yang nantinya dapat sebagai modal untuk berkarya dan meningkatkan perekonomian.

Ketua Laphan Borneo – Nobon menyambut baik adanya pelatihan ini.

Pelatihan kreativitas pembuatan souvenir dan sablon merupakan salah satu program Community Development Badak LNG bidang Empowerment dimana tujuan utamanya ialah untuk memberdayakan masyarakat agar mencapai kemandirian. Manager Media, CSR, and External Relations Corporate Communication Department Badak LNG Busori Sunaryo mengungkapkan selain memiliki tugas utama untuk mengoperasikan kilang LNG dan LPG, Badak LNG juga tak pernah melupakan fungsi sosialnya untuk turut mengembangkan Kota Bontang.

Sambutan dari Manager Media, CSR, and External Relations Corp. Comm. Dept. Badak LNG Busori Sunaryo

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Pemberdayaan Masyarakat Abdu Safa Muha. Dalam sambutannya Abdu Safa Muha memberikan apresiasi kepada Badak LNG yang telah menggagas pelatihan kreativitas pembuatan souvenir dan sablon.

Abdu Safa Muha apresiasi Badak LNG.

Dimulainya pelatihan kreativitas pembuatan souvenir dan sablon ditandai dengan penyerahan secara simbolis satu paket materi pelatihan dari Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Pemberdayaan Masyarakat Abdu Safa Muha kepada Ketua Laphan Borneo – Nobon.

Selama lima hari peserta akan dibimbing oleh instruktur dari Nafizz Advertising Bontang. Dalam pelatihan ini para peserta dilatih agar memiliki keterampilan pembuatan sablon yang dapat diterapkan untuk memproduksi souvenir dan kaos sebagai oleh-oleh Kota Bontang yang sekaligus dapat mendukung promosi pariwisata. Materi pada hari pertama pelatihan meliputi pengenalan alat sablon, bahan-bahan yang diperlukan untuk menyablon, serta praktek menyablon teknik manual.

Peserta lakukan praktek penyablonan.

Ditemuai usai acara pembukaan pelatihan, Manager Media, CSR, and External Relations Corporate Communication Department Badak LNG Busori Sunaryo mengungkapkan bahwa Badak LNG berkomitmen untuk melakukan pembinaan dan membantu pemasaran produk untuk mendukung pariwisata Kota Bontang.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Pemberdayaan Masyarakat Abdu Safa Muha menyampaikan bahwa pelatihan kreativitas pembuatan souvenir dan sablon merupakan bukti nyata peran Badak LNG untuk mendukung tercapainya visi pemerintah Kota Bontang untuk menjadikan Bontang sebagai green, smart dan creative city.

Camat Bontang Selatan Sarifuddin pun berharap nantinya para peserta dapat memanfaatkan ketrampilan yang diperoleh sebagai modal membuka usaha.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Ketua Laphan Borneo – Nobon atas kesempatan yang telah diberikan oleh Komunitas Pasar Malam Berbas Pantai untuk mengikuti pelatihan kreativitas pembuatan souvenir dan sablon (*).

Show More

Related Articles

Back to top button