Majalah Sinergy

CIP 2017: Program Lama, Wajah Baru

Berbicara tentang CIP, program yang sudah berjalan sejak tahun 1996 ini telah banyak menghasilkan inovasi baik bagi Badak LNG maupun masyarakat sekitar Perusahaan. Dengan penyelenggaraan yang konsisten secara kontinu, Badak LNG berharap CIP dapat menghasilkan perbaikan di berbagai sektor baik internal atau eksternal Perusahaan.

Kegiatan konvensi CIP kembali berlangsung pada tahun 2017. Pada konvensi ini, 66 tim dari seluruh Departemen di Badak LNG turut ikut serta. Dari 66 tim ini terdiri atas 2 tim Project Collaboration Improvement (PC-Prove), 19 tim Functional Team Improvement (FT-Prove), dan 45 tim Individual Improvement (I-Prove).

Klasifikasi tim CIP ini dibedakan berdasarkan jumlah pekerja yang terlibat dalam tim. Apabila pekerja yang terlibat dalam sebuah proyek 1-2 orang dari unit kerja yang sama dinamakan Individual Improvement (I-Prove). Sedangkan apabila pekerja yang terlibat 5-7 orang dari unit kerja yang sama dinamakan dengan Functional Team Improvement (FTProve). Adapun jika pekerja yang terlibat 7-10 orang dari unit kerja yang berbeda (lintas departemen) dinamakan dengan Project Collaboration Improvement (PC-Prove).

 

Wajah Baru Konvensi CIP

Dalam ajang tahun ini, Koordinator Harian CIP 2017 Purnomo menyatakan bahwa ada beberapa perubahan yang bertujuan untuk perbaikan kompetisi pada konvensi CIP tahun ini. Menurut Internal Auditor Audit & Compliance SHE&Q Department Badak LNG ini, setelah dua kali menangani kegiatan CIP pada tahun 2016 dan 2017, ia melihat perlunya perbaikan pada sistem penyelenggaraan.

Salah satu perubahan yang dilakukan adalah pelibatan juri internal dalam penilaian saat wawancara dan presentasi pada konvensi CIP, setelah sebelumnya hanya juri eksternal saja yang terlibat.

“Selain itu, satu hal lagi yang membuat penyelenggaraan saat ini berbeda, yaitu dengan diadakannya kegiatan Expo atau pameran,” tambah Purnomo.

Keberadaan juri internal dalam kegiatan CIP merupakan perbaikan positif untuk meningkatkan kualitas kompetisi. Sebab juri-juri internal memiliki kemampuan dan pemahaman lebih mendalam saat melihat inovasi yang diangkat. Para juri internal memang khusus dipilih dari pekerja yang inovatif dan memiliki pengalaman kerja mumpuni di Badak LNG. Dengan demikian pelibatan juri internal diharapkan dapat memberikan penilaian lebih objektif dan lebih memperhatikan detail-detail yang mungkin saja selama ini luput.

Selain juri internal, perbaikan konvensi CIP lainnya adalah penyelenggaraan expo atau pameran dari setiap peserta. Hal ini tidak terlepas dari salah satu tujuan CIP untuk membagi pengetahuan (sharing knowledge) kepada seluruh pekerja Badak LNG. Melalui expo dan pameran para peserta memberikan presentasi yang dapat disaksikan oleh semua orang.

“Kalau tahun sebelumnya hanya ada wawancara dan presentasi di depan manajemen, namun karena terbentur waktu tidak semua kelompok dapat melakukan presentasi, sehingga proses sharing juga jadi terbatas. Oleh karena itu diputuskan untuk membuat pameran atau expo,” jelas Purnomo.

Expo dan pameran ternyata membuat konvensi CIP 2017 kali ini lebih ramai dan menarik. Terutama karena seluruh jajaran Manajemen Badak LNG dapat berkumpul di satu tempat dan melihat serta melakukan tanya jawab dengan para peserta tentang improvement yang mereka usung. Selain itu dukungan siaran live dari LNG TV juga membuat semua hadirin dapat melihat proses presentasi dari masing-masing peserta. Hal ini tentu membuat proses sharing knowledge dapat melibatkan dan menjangkau lebih banyak pihak, baik peserta, hadirin, maupun manajemen.

 

Tim Terbaik dan Penghargaan Khusus

Menurut Purnomo, dalam ajang CIP ini ada dua sistem penilaian dasar, yaitu penilaian risalah dan penilaian teknik presentasi. Pada penilaian risalah, penilaian peserta bukan hanya dari kemampuan mereka menuliskan ide-idenya

dengan lengkap serta akurat, tetapi juga pemenuhan kaidah-kaidah penulisan yang telah ditetapkan oleh dewan juri. Sedangkan pada penilaian teknik presentasi, juri akan menilai cara peserta berpresentasi, efektivitas presentasi, serta menarik atau tidaknya presentasi. Bobot nilai dari setiap penilaian adalah 500, maka untuk dua jenis penilaian ini, nilai total maksimal yang dapat diraih peserta adalah 1.000.

Melalui penilaian inilah dewan juri akan menentukan peringkat peserta, dari mulai kategori Bronze yang berarti masih perlu perbaikan dan berada di bawah standar, hingga kategori tertinggi, Diamond. Dalam hal ini, Purnomo menegaskan bahwa penilaian peserta bukan berdasarkan pada tema yang diusung atau jenis-jenis inovasinya, melainkan memang mengacu pada standar penilaian tersebut.

Pada kegiatan CIP 2017 tahun ini, dewan juri membuat keputusan bahwa dari 66 tim, terdapat 44 peserta dari 10 tim yang berhak menjadi tim terbaik. Selain itu, dewan juri juga memutuskan ada 11 tim termasuk ke dalam tim dengan tema inovasi yang sesuai dengan standar Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) yang ditetapkan oleh pemerintah.

Selain itu secara khusus panitia CIP membuat kategori penghargaan baru di tahun 2017 ini. Biasanya, dalam sebuah penyelenggaraan CIP hanya terdapat dua kategori penghargaan khusus yaitu The Most Creative Participants dan The Best Performance, namun tahun ini terdapat pula penghargaan untuk The Most Energetic Management, The Most Active Department, The Best Functional Team Improvement, The Best Individual Improvement, dan The Best Innovation Expo.

The Most Energetic Management itu dipilih bagi pihak manajemen yang tampak paling aktif mensupport tim selama masa seleksi hingga presentasi, begitu juga The Most Active Department adalah penilaian untuk departemen yang aktif dalam kegiatan CIP ini.” terang Purnomo

Penambahan kategori ini tentunya dimaksudkan agar acara CIP 2017 menjadi lebih menarik dibanding penyelenggaraan sebelumnya, dan tentunya agar setiap peserta termotivasi mengeluarkan segala kemampuannya, karena disediakan banyak kesempatan bagi mereka untuk meraih penghargaan, Meskipun tentu saja bukan itu yang menjadi motivasi utama dari para peserta, melainkan semangat mereka untuk memberikan yang terbaik bagi Perusahaan serta lingkungan sekitarnya.

Show More

Related Articles

Back to top button