Majalah Sinergy

Umat Hindu Gelar Perayaan Dharmasanti Nyepi

Parisada Hindu Dharma Indonesia atau PHDI Kota Bontang Sabtu Malam (12/05/2018) lalu menggelar Perayaan Dharmasanti Nyepi Tahun Baru Saka 1940. Digelar di Gedung MPB Badak LNG, acara ini dihadiri oleh ratusan Umat Hindu Kota Bontang. Selain itu, acara ini turut dihadiri oleh sejumlah jajaran manajemen Badak LNG, Walikota Bontang Neni Moerniaeni dan Ketua DPRD Kota Bontang Nursalam, serta tamu undangan lainnya.

Acara diawali dengan persembahan tari penyambutan, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan pembacaan doa oleh Romo Mangku Suwadi.

Setelah itu dilakukan pembacaan Weda Wakya oleh Aditya Wisnu Wicaksana dan Agung Brahma Wikara.

Dalam kesempatan ini I Wayan Raga selaku Ketua Panitia Dharmasanti Tahun Saka 1940, menyampaikan bahwa acara Dharmasanti tahun ini mengangkat tema “Melalui Catur Brata Penyepian Kita Tingkatkan Solidaritas Sebagai Perekat Keberagaman dalam Menjaga Keutuhan NKRI”.

Dharmasanti merupakan rangkaian puncak Perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1940 yang dilaksanakan sebagai wujud perdamaian diantara sesama umat manusia. Melalui kegiatan ini, Umat Hindu diharapkan senantiasa menjaga kerukunan dan toleransi umat beragama.

Senada dengan I Wayan Raga, Ketua PHDI Kota Bontang I Ketut Wirta menyampaikan harapannya agar dengan kegiatan Dharmasanti ini Umat Hindu Kota Bontang senantiasa menjaga kerukunan dan toleransi umat beragama.

Sementara itu, Walikota Bontang Neni Moerniaeni menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Nyepi kepada seluruh Umat Hindu di Kota Bontang. Neni Moerniaeni berharap agar kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk membangun kehidupan beragama yang harmonis.

Dalam kegiatan ini juga disampaikan hikmah dan pesan Nyepi oleh penceramah nasional DR. Nanang sutrisno., S.ag. M.si. Nanang Sutrisno menyampaikan bahwa tidak ada yang lebih mulia di dunia ini selain dari kelahiran manusia. Hanya manusia yang mampu membedakan mana yang baik dan buruk. Oleh karena itu, Hari Raya Nyepi hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk introspeksi agar dapat menjadi sebaik-baiknya manusia.

Tujuan dari Dharmasanti sendiri merupakan ajang untuk bersilaturahmi serta ajang untuk memantapkan hubungan personal sebagai sesama manusia agar tercipta suatu keharmonisan bagi semua mahkluk (*).

Show More

Related Articles

Back to top button