Majalah Sinergy

Mitra Kerja Maintenance Department Dapatkan Pelatihan Penyelamatan Korban di Ruang Terbatas

Sebanyak total 90 mitra kerja di lingkungan Maintenance Department mendapatkan pelatihan penyelamatan korban di ruang terbatas. Dilaksanakan di Fire Training Ground Badak LNG, ke 90 mitra kerja tersebut terbagi ke dalam 6 angkatan dengan masing-masing angkatan sebanyak 15 peserta. Kamis (12/7/2018) menjadi angkatan terakhir bagi para mitra kerja untuk mengikuti pelatihan penyelamatan korban di ruang terbatas.

Sebelum melakukan simulasi penyelamatan korban di ruang terbatas, seluruh peserta terlebih dahulu mendapatkan pemaparan terkait ruang terbatas. Bertindak sebagai instruktur, Officer Field Trainer & Fire – Operations Department Rifki Chairul Afwan. Disampaikan bahwa ruang terbatas merupakan suatu ruang atau apapun yang bersifat tertutup yang dapat menimbulkan resiko kematian atau cedera serius.

Melalui pelatihan ini para peserta diajak untuk dapat mengetahui setiap potensi bahaya di ruang terbatas, meningkatkan kesadaran ketika bekerja di ruang terbatas, serta dapat pula melakukan penyelamatan secara sederhana ketika ada insiden. Para peserta juga diajak untuk melakukan simulasi penyelamatan korban di ruang terbatas.

Para peserta mempraktekkan cara penyelamatan korban saat terjadi insiden di ruang terbatas.

Para peserta terbagi ke dalam beberapa tim. Setiap tim terdiri dari dua orang. Para peserta diharuskan dapat melakukan penyelamatan sederhana di ruang terbatas.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kompetensi para mitra kerja di lingkungan Maintenance Department agar selalu melakukan pekerjaan dengan aman dan tetap mengutamakan safety, khususnya ketika bekerja di ruang terbatas.

Ditemui usai kegiatan, Rifki Chairul Afwan menyampaikan dalam pelatihan ini, para peserta mendapatkan beberapa materi. Seperti definisi ruang terbatas, sumber bahaya di ruang terbatas, prosedur kerja di ruang terbatas, hingga penyelamatan sederhana di ruang terbatas (*).

Show More

Related Articles

Back to top button