UMKM

Badak LNG Berdayakan Perempuan Melalui Kocibu

Koperasi Cipta Busana telah didirikan sebagai wadah usaha menjahit para ibu-ibu usia produktif di Kota Bontang. Program ini dilatarbelakangi karena sandang atau pakaian adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Seperti juga kebutuhan akan makanan dan tempat tinggal, kebutuhan akan pakaian juga tidak pernah ada habisnya.

Program Kocibu menjadi salah satu program pemberdayaan perempuan di bidang koperasi oleh Badak LNG. Tujuan program ini adalah untuk memberdayakan para ibu rumah tangga dan perempuan lulusan SMA untuk memiliki keterampilan menjahit agar dapat meningkatkan perekonomian dan mendorong kreatifitas mereka.

Kelompok ini terbentuk pada tahun 2013 dengan jumlah anggota sebanyak 8 orang. Selanjutnya pada tahun 2014 kelompok ini menerima pelatihan dan sosialisasi koperasi oleh Badak LNG. Sejak bulan September 2014, kelompok ini sudah mendapatkan status pra-badan hukum oleh Disperindagkop Kota Bontang. Selama 6 bulan berturut-turut kelompok ini harus melaporkan kegiatan dan juga pembukuannya.

Pada Tahun 2015, Kocibu sudah memasuki fase dimana keterlibatan perusahaan akan berkurang dan secara bertahap akan lepas namun tetap mendapatkan monitoring. Pada tahun 2016 kelompok ini sudah mampu melakukan perluasan pasar, optimalisasi waserda (warung serba ada) yang menjual berbagai perlengkapan menjahit, bahkan menjadikan Kocibu sebagai salah satu sentra mode di Kota Bontang.[]

Show More

Related Articles

Back to top button