Majalah Sinergy

Yaumil LNG Badak Gelar Lomba Tabuh Bedug

Rangkaian peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah oleh Yayasan Umat Islam atau Yaumil LNG Badak semakin semarak dengan di selenggarakannya lomba Tabuh Bedug. Diadakan di panggung terbuka Town Center, lomba tabuh bedug yang diikuti sebanyak 9 tim dari takmir dan remaja masjid se Kota Bontang berlangsung selama tiga hari pada tanggal 3 hingga 5 Oktober 2018.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Guntoro menyampaikan bahwa kegiatan lomba tabuh bedug ini bertujuan untuk menyemarakkan syiar islam di moment Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah. Diikuti oleh takmir dan remaja masjid se Kota Bontang, lomba ini juga untuk meningkatkan silaturahmi antar masjid dan ajang unjuk kreativitas.

Berlangsung selama tiga hari, tiap harinya terdapat tiga tim yang tampil. Kriteria penilaian diantaranya ialah irama, tabuhan, variasi tabuhan bedug, vokal, adab dan kostum para peserta.

Selain menggali potensi seni yang dimiliki oleh remaja masjid di Kota Bontang, lomba tabuh bedug juga bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan seni dan budaya islami yang memiliki nilai seni yang tinggi. Para generasi muda pun menjadikan lomba ini, sebagai salah satu media efektif untuk menyalurkan bakat seni dan meningkatkan kreatifitas seni.

Lebih lanjut, Ketua Panitia Guntoro menjelaskan, bahwa lomba tabuh bedug menjadi salah satu rangkaian kegiatan yang digelar Yaumil dalam rangka menyemarakkan Tahun Baru Islam 1440 H. Dimana sebelumnya Yaumil telah mengadakan lomba fardhu kifayah, lomba bola volly, dan cerdas cermat tingkat pelajar SD hingga SMA se Kota Bontang.

Pemenang lomba dari lomba tabuh bedug akan diumumkan pada acara jalan sehat Yaumil sebagai puncak peringatan Tahun Baru islam 1 Muharram 1440 H yang dilaksanakan pada Minggu 7 Oktober 2018 (*).

Show More

Related Articles

Back to top button