Local Hero

Muhammad Ali, dari Karyawan Perusahaan Tambang Beralih Ke Petani Mangrove

Satu lagi mitra binaan Community Development Badak LNG yang telah sukses menjalankan program usahanya. Yakni, kelompok Tani Mangrove Lestari Indah yang berlokasi di jalan cumi-cumi 3 Kelurahan Tanjung Laut Indah. Sejak tahun 2012, Badak LNG menggandeng kelompok tersebut untuk menjalankan program konservasi mangrove sebagai wujud komitmen Badak LNG terhadap pengelolaan lingkungan hidup.

Kesuksesan program pembudidayaan dan pembibitan mangrove tak terlepas dari peran Muhammad Ali sebagai Ketua Kelompok Tani Lestari Indah. Kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan sudah tak diragukan lagi. Pria kelahiran Santan ini bahkan memutuskan untuk pensiun dini sebagai karyawan sebuah Perusahaan Tambang Batu Bara agar dapat fokus menekuni usaha pembudidayaan mangrove.

Pengorbanannya pun membuahkan hasil. Dengan dibantu oleh Badak LNG, kini program konservasi mangrove telah berkembang pesat. Kelompok tani lestari indah telah memiliki kelompok binaan yang beranggotakan para ibu rumah tangga untuk menjalankan usaha diversifikasi buah mangrove menjadi beraneka macam produk olahan. Diantaranya ialah sirup mangrove dan dodol mangrove yang kini menjadi salah satu oleh-oleh khas Kota Bontang.

Badak LNG pun selalu memberikan pendampingan serta dukungannya agar Kelompok Tani Lestari Indah semakin berkembang. Seperti pembangunan Mangrove Information Center, yang difungsikan sebagai pusat layanan yang menampung berbagai informasi seputar mangrove yang ada di Kota Bontang. Kini banyak pula para pelajar, akademisi, instansi maupun masyarakat umum yang datang untuk belajar maupun studi banding mengenai pembudidayaan mangrove.

Yang terbaru, dibantu oleh Badak LNG, Kelompok Tani Lestari Indah telah merintis program ekowisata mangrove yang didalamnya terdapat wisata kuliner dan wisata edukasi mangrove.

Selain mampu memberdayakan masyarakat sekitar, berkat usahanya menggeluti pembudidayaan mangrove, pengalaman yang tak terlupakan bagi Muhammad Ali ialah mendapatkan penghargaan dari Presiden.

Kedepannya, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur akan menjadikan Mangrove Information Center sebagai lokasi percontohan dan pusat studi banding tentang pengelolaan mangrove (*).

Show More

Related Articles

Back to top button