Majalah Sinergy

SHE&Q Department Sukses Laksanakan Local Emergency Exercise

Sebagai bentuk implementasi dari Emergency Control Plan yang ditetapkan oleh Badak LNG, SHE&Q Department laksanakan Local Emergency Exercise pada Selasa (30/10/2018). Kegiatan ini rutin dilaksanakan, dengan tujuan melatih kesigapan semua pihak yang terlibat dalam menghadapi keadaan darurat. Local Emergency Exercise kali ini dilaksanakan di area SHE&Q Building.

Kegiatan ini melibatkan Senior Manager SHE&Q Department Yuli Gunawan, serta seluruh pekerja dan mitra kerja di lingkungan SHE&Q Department dan pekerja Fire & Safety Section.

Skenario exercise berawal dari pukul 13.10 Wita, di mana salah satu pekerja Fire & Safety Section melakukan charging ponsel lalu meninggalkannya karena ada pekerjaan. Kondisi baterai ponsel sudah tidak layak sehingga meledak dan memicu kebakaran kecil di ruang fire teknisi yang terletak di SHE&Q Building. Satu orang Cleaner yang pada saat kejadian sedang berada di ruangan terkena ledakan tersebut.

Alarm emergency berdering karena mendeteksi asap dari kebakaran. Fire & Safety Secretary yang mendengar suara ledakan bergegas keluar dari kantornya, lantas mendapati seorang Cleaner yang terluka, dan segera menolongnya.

Seorang Fireman yang sedang bertugas segera menuju tempat kejadian dan mencoba memadamkan api dengan alat pemadam nomor 2002. Sementara itu Fireman lain segera melaporkan kejadian ini kepada pimpinan Shift Fireman, diteruskan ke Supervisor  hingga ke Senior Manager SHE&Q Department.

Senior Manager SHE&Q Department lalu memerintahkan Fire Warden untuk mengumumkan keadaan emergency menggunakan pengeras suara menginstruksi seluruh pekerja, mitra kerja, maupun tamu di area SHE&Q Building untuk menuju ke titik area 28 dan tetap di sana hingga keadaan aman.

Sementara itu Pimpinan Shift Fireman ditugaskan untuk memadamkan semua aliran listrik di SHE&Q Building. Fireman yang bertugas pun dengan sigap memadamkan api hingga keadaan berangsur terkendali.

Skenario local emergency exercise tersebut mampu dijalani dengan baik oleh setiap personil yang terlibat. Ditemui usai pelaksanaan local emergency exercise, Senior Manager SHE&Q Department Yuli Gunawan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut penting dilakukan untuk melihat dan mengevaluasi sejauh mana kelayakan sarana-sarana emergency serta kesigapan seluruh pekerja bila terjadi kejadian gawat darurat yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Selanjutnya dilakukan evaluasi exercise di Meeting Room SHE&Q Department dan     diikuti oleh tim yang terlibat (*).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close