UMKM

UMKM Bontang Kelompok Saputra Snack Berinovasi!

Memiliki luas wilayah laut 70% dibanding daratan, membuat Kota Bontang kaya akan potensi hasil ikan lautnya. Salah satunya ialah ikan bawis yang menjadi ikan khas kota ini. Upaya untuk turut mengembangkan potensi hasil laut pun telah dilakukan Badak LNG melalui Community Development dengan menjalankan program UMKM Bontang dalam pengolahan makanan ringan dari hasil laut.

Program dirintis sejak tahun 2012 dan dijalankan oleh Kelompok Saputra Snack berlokasi di Jalan Tenis RT 38 Kelurahan Api-Api.  Kelompok ini khusus memproduksi aneka makanan ringan hasil dari laut. Seperti keripik bawis, keripik kulit ikan bandeng, teri crispy, stik rumput laut, dan amplang. Awal mula usaha Kelompok ini dilatarbelakangi karena sering mendapati ikan-ikan bawis berukuran kecil yang ditangkap tidak dimanfaatkan oleh para nelayan. Ikan-ikan bawis mereka olah menjadi makanan ringan salah satunya yaitu keripik, Tak disangka hal tersebut mendapat sambutan dari masyarakat dan menjadi peluang usaha menjanjikan. Tak sulit bagi UMKM Bontang Kelompok Saputra Snack untuk memperoleh bahan baku karena didapatkan langsung dari para nelayan atau pengepul ikan di Wilayah Tanjung Limau.

Dukungan Badak LNG mengembangkan usaha UMKM Bontang pada Kelompok Saputra Snack diantaranya adalah dengan memberikan bantuan printer untuk mencetak stiker, freezer, dan merenovasi tempat produksi. Selain bantuan peralatan, Badak LNG juga memberikan pendampingan kelompok agar usaha yang dijalankan semakin berkembang. Terbukti, Kelompok Saputra Snack telah berhasil melakukan inovasi produk berupa es krim kepiting.

Dalam proses produksi Kelompok Saputra Snack sangat memperhatikan masalah sanitasi dan higienitas produk mereka sehingga terjamin kebersihannya. Hasil produksi didistribusikan ke beberapa toko offline dan online penjual oleh-oleh khas Kota Bontang. []

 

Show More

Related Articles

Back to top button