Lain-lainLocal HeroMajalah SinergyNews

Selain pencacahan plastik, Kelompok Bontang Lestari Peduli juga jalani usaha pengepresan

Di Tempat Pembuangan Akhir Sampah Bontang Lestari inilah Kelompok Bontang Lestari Peduli menghasilkan pundi-pundi rupiah. Kelompok Bontang Kelompok Bontang Lestari Peduli merupakan salah satu mitra binaan community development Badak LNG yang menjalankan program pengelolaan sampah berbasis masyarakat. Dengan adanya program ini para pemulung yang awalnya terlibat konflik sosial dapat bekerja sama melalui kegiatan usaha pencacahan plastik.

Proses pengepresan botol plastik.

Kini tak hanya mencacah plastik, Kelompok Bontang Lestari Peduli juga menjalankan usaha pengepresan. Badak LNG pun juga telah memberikan bantuan mesin pengepresan serta memfasilitasi kegiatan pelatihan mengoperasionalkan mesin pengepresan. Usaha pengepresan ditekuni oleh kelompok ini karena untuk memenuhi permintaan pasar yang saat ini menginginkan plastik bekas hanya dipres.

Botol plastik yang sudah dipres siap untuk dikirim.

Ketua Kelompok Bontang Lestari Peduli Thamrin menguraikan tiap harinya kelompoknya mampu menghasilkan botol kemasan pres hingga 1500 kilogram. Selain botol kemasan, Kelompok Bontang Lestari Peduli juga mengepres kardus bekas. Hasil pengepresannya biasanya dikirim ke Surabaya.
Program pengelolaan sampah berbasis masyarakat ini telah berjalan sejak tahun 2011. Saat ini terdapat sekitar 60 ibu rumah tangga di wilayah Kelurahan Bontang Lestari yang diberdayakan untuk bergabung dalam usaha pencacahan dan pengepresan plastik.

Show More

Related Articles

Back to top button