UMKM

Badak LNG Dukung Produksi Opak Singkong Tunas Jaya

Tidak hanya dapat diolah menjadi bahan dasar kue yang enak, singkong juga dapat diolah menjadi cemilan yang gurih dan renyah, yaitu opak singkong. Opak singkong merupakan salah satu makanan asli Indonesia khas dari Sunda Jawa Barat.

Di Kota Bontang bahan baku singkong cukup mudah ditemukan. Oleh karena itu, untuk mendorong gerakan ekonomi berbasis kerakyatan, melalui Program Community Development, Badak LNG menjalankan Program Pengolahan Makanan Berbahan Dasar Singkong.

Program pengolahan makanan berbahan dasar singkong dijalankan dengan menggandeng kelompok Tunas Jaya sebagai mitra binaan. Berlokasi di Kelurahan Tanjung Laut, kelompok ini fokus untuk memproduksi opak singkong.

Pada awalnya masih banyak kendala yang mengiringin kiprah kelompok ini, salah satunya mereka sempat terkendala cuaca untuk proses penjemuran. Saat itu, tiap kali masuk musim penghujan, Kelompok Tunas Jaya tidak bisa menjemur opak. Padahal, penjemuran merupakan tahapan penting agar opak dapat benar-benar kering. Dengan tidak adanya sarana penjemuran tersebut, akibatnya sebagian besar opak berjamur dan tidak bisa digoreng.

Maka sebagai bentuk dukungannya, di tahun 2015 Badak LNG memberikan bantuan pembangunan gedung workshop, termasuk tempat penjemuran opak. Selain bantuan pembangunan workshop, Badak LNG juga telah memberikan pelatihan manajemen kelompok, pendampingan, dan bantuan pemasaran di Tojasera Badak LNG, agar usaha yang dijalankan kelompok Tunas Jaya ini dapat semakin berkembang.[]

 

Show More

Related Articles

Back to top button