Majalah SinergyNewsUMKM

Program Comdev Badak LNG Bantu Berdayakan Warga Kelurahan Berbas Tengah

Badak LNG terus berkomitmen dalam memberdayakan dan mengembangkan kapabilitas masyarakat kota Bontang. Hal tersebut diwujudkan melalui program community development atau comdev.

Budidaya ikan air tawar merupakan salah usaha yang dijalankan oleh Kelompok Saung Pandu.

Usaha unggulan pertanian pertanian terpadu atau saung pandu merupakan salah satu program comdev Badak LNG yang bertujuan untuk dapat memberdayakan masyarakat di kelurahan Berbas Tengah. Mitra binaan Badak LNG ini menjalankan usahan budidaya ikan air tawar, pertanian, serta peternakan dengan menerapkan integrated eco-farming system. Yaitu menerapkan penggunahan lahan untuk kegiatan pertanian terpadu dengan memanfaatkan air olahan limbah domestik perusahaan serta energi terbarukan.

Sayuran dan ikan organik hasil budidaya Kelompok Saung Pandu.

Program comdev Badak LNG ini telah terbukti sukses memberdayakan warga di kelurahan Berbas Tengah, khususnya yang berada di RT 49, RT 51, dan RT 69. Lurah Berbas Tengah Mustamin Syam mengaku program comdev Badak LNG ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi warganya. Berkat program saung pandu ini pula, kelurahan Berbas Tengah ditetapkan sebagai salah satu kampung tangguh nusantara di kota Bontang.

Lahan perkebunan Kelompok Saung Pandu.
Show More

Related Articles

Back to top button