NewsWisata

Dasa Wisma Kampung Masdarling, Wakili Bontang dalam Lomba Tingkat Provinsi

Rabu (18/11/20) rombongan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Timur bersama Tim Penggerak PKK Kota Bontang melaksanakan kunjungan ke Kampung Masyarakat Sadar Lingkungan atau Masdarling. Tujuan kedatangan rombongan tersebut ialah untuk melakukan penilaian Lomba Hatinya PKK. Hatinya PKK ialah singkatan dari Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman.

Tim Penggerak PKK Provinsi Kaltim terkesan dengan Green House kampung Masdarling

Penilaian ditujukan untuk menilai program kerja Dasawisma Gunung Wilis 4 RT 26 di Kampung Masdarling Kelurahan Gunung Telihan terkait dengan pemanfaatan lahan pekarangan rumah. Dimana Dasawisma Gunung Wilis 4 ini terpilih sebagai wakil kota Bontang pada ajang lomba Hatinya PKK tingkat Provinsi Tahun 2020.

Tim Penggerak PKK Provinsi Kaltim berkeliling dan lakukan penilaian di kampung Masdarling

Disini rombongan berkeliling kampung Masdarling untuk melihat secara langsung pemanfaatan lahan pekarangan rumah oleh tiap warga. Kampung Masdarling sendiri telah terpilih dalam Program Pekarangan Pangan Lestari yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian. Jadi di kampung ini, setiap pekarangan rumah warga telah ditanami berbagai tanaman sayur maupun buah-buahan. Selain itu, Kampung Masdarling memiliki kebun bibit yang merupakan Green House sebagai tempat penyemaian aneka jenis sayuran.

Gerbang utama Green House kampung Masdarling

Siti Mayasari dari Pokja III PKK Provinsi Kalimantan timur menjelaskan kriteria penilaian lomba ini ialah dilihat dari pemanfaatan halaman pekarangan rumah. Misal adanya tanaman sayur, tanaman buah, tanaman obat keluarga serta kebersihan lingkungan.

Sementara itu, Wakil Ketua III Tim Penggerak PKK Kota Bontang Debora Kristiani mengungkapkan alasan terpilihnya Kampung Masdarling sebagai wakil kota Bontang di Ajang Lomba Hatinya PKK karena telah memenuhi kriteria yakni memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami berbagai tanaman pangan (*).

Show More

Related Articles

Back to top button