NewsUMKM

Badak LNG Dukung Pembudidayaan Kepiting Bakau

Tingginya minat pasar terhadap kepiting bakau dimanfaatkan Badak LNG sebagai peluang untuk memberdayakan masyarakat di sekitar wilayah operasi. Melalui program Community Development atau Comdev, Badak LNG menjalankan program budidaya kepiting bakau.

Program tersebut dijalankan Badak LNG dengan menggandeng Kelompok Tani Pantai Harapan. Kelompok yang berlokasi di Jalan Kapten Piere Tendean RT 01 Kelurahan Bontang Kuala ini resmi menjadi mitra binaan Badak LNG sejak tahun 2013. Sebelum menggeluti usaha budidaya kepiting bakau, kelompok yang diketuai oleh Agus Akip ini menjalankan budidaya mangrove. Ide untuk membudidayakan kepiting bakau terinspirasi dari mitra binaan Kelompok Tani Lestari Indah yang sudah terlebih dahulu menekuni membudidayakan kepiting bakau.

Ketua Kelompok Tani Nelayan Pantai Harapan Agus Akip menceritakan bahwa kelompok yang beranggotakan 13 orang ini kini mulai fokus untuk menjalankan usaha budidaya kepiting bakau. Dimana tiap kali panen, Kelompok Tani Nelayan Pantai Harapan mampu menghasilkan sebanyak 60 kg kepiting bakau. Badak LNG pun diakuinya telah memberikan pembinaan dan bantuan agar usaha budidaya kepiting bakau dapat terus berjalan dan berkembang.

Sebagai bentuk dukungan terhadap program budidaya kepiting bakau, Badak LNG telah melakukan pembinaan dan pendampingan, serta memberikan beberapa bantuan. Yang terbaru ialah bantuan berupa pembuatan 2 keramba kepiting yang masing-masing berukuran 6×4 meter persegi dan 4×4 meter persegi. Selain itu, Badak LNG juga memberikan rakang atau jebakan kepiting (*).

Show More

Related Articles

Back to top button